Kementerian PUPR Siapkan Program Infrastruktur Aceh untuk Tahun Depan
Wakil Bupati Aceh Utara, Fauzi Yusuf bersama tim di waduk dan bendungan Keureuto (Antara)

Bagikan:

ACEH - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR) melalui Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) menyiapkan beberapa program pembangunan infrastruktur Provinsi Aceh untuk 2022.

Menurut Hadi Sucahyono, Kepala BPIW, program tersebut dilaksanakan di beberapa sektor, misalnya sumber daya air (SDA) telah dicanangkan penyelesaian Bendungan Keureuto, Bendung Krueng Pase, dan Bendungan Rukoha. Ada pula program pengendalian banjir di Krueng Aceh, pembangunan embung di Krueng Raya, serta pengamanan pantai di Meulaboh.

"Program dari sektor Bina Marga di antaranya jaringan Jalan Jantho—Keumala dan Jalan Geumpang—Pameu. Kemudian juga ada berbagai jembatan strategis dan pemeliharaan rutin atau preservasi jalan,” jelas Hadi, Senin, 26 April.

Beberapa program pada beberapa sektor di Aceh

Beberapa program terkait Sektor Cipta Karya, antara lain optimalisasi Sistem Penyediaan Air Minum Ibu Kota Kecamatan (SPAM IKK) dan peningkatan SPAM kapasitas 50 liter per detik di Garot, Kabupaten Pidie, Aceh.

Program yang lain adalah terkait rencana SPAM Regional Banda Aceh—Aceh Besar serta kualitas peningkatan permukiman kumuh di Banda Aceh dan Sabang.

Di sektor perumahan, ada sejumlah program, misalnya bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS), rumah susun, dan rumah khusus, khususnya untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

“Sebagian besar sudah dimasukkan di program kerja 2022,” papar Hadi.

Ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!