Koalisi PKB-Gerindra Dideklarasikan Sabtu Nanti
Gerindra dan PKB kompak daftar jadi peserta Pemilu 2024 ke KPU pada Senin 8 Agustus. (Antara-Boyke KW)

Bagikan:

ACEH - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) melakukan koalisi dengan Partai Gerindra untuk menghadapi pemilu 2024. Koalisi PKB-Gerindara akan diresmikan melalui deklarasi yang digelar pada Sabtu, 13 Agustus.

Kegiatan tersebut masuk dalam acara akhir rapat pimpinan nasional (Rapimnas) Partai Gerindra yang akan dilaksanakan pada 12--13 Agustus di Sentul International Convention Center (SICC) Bogor, Jawa Barat.

Pematangan Teknis Pelaksanaan dan Finalisasi Piagam Deklarasi Kerjasama Politik PKB-Gerindra

Menurut Wakil Sekjen DPP PKB, Syaiful Huda, kepastian deklarasi tersebut diputuskan setelah beberapa elite PKB dan Gerindra bertemu untuk mematangkan teknis pelaksanaan serta finalisasi Piagam Deklarasi Kerjasama Politik kedua partai politik.

"Kami kembali bertemu untuk mematangkan teknis pelaksanaan deklarasi dan finalisasi Piagam Deklarasi. Saat ini kepastian waktu pelaksanaan dan venue deklarasi telah disepakati. Tinggal pematangan terkait teknis acara dari panitia bersama sehingga agenda tersebut bisa berjalan dengan lancar," terang Huda dalam keterangannya, Kamis, 11 Agustus, dikutip VOI.

Rapat pematangan teknis pelaksanaan deklarasi turut dihadiri oleh Wakil Ketua Umum Gerindra: Sugiono, Sekjen PKB: Hasanuddin Wahid, dan Ketua DPP PKB: Cucun A Syamsurijal. Pertemuannya digelar di kediaman Sekjen DPP Gerindra, Ahmad Muzani, di Kawasan Jakarta Selatan, Rabu, 10 Agustus, malam.

"Waktu deklarasi ini sehari setelah kawan-kawan Gerindra menyelesaikan Rapimnas mereka. Tentu pemilihan waktu deklarasi ini sengaja menunggu selesainya event Rapimnas Gerindra karena kami menghormati forum tersebut," ujarnya.

Orasi Politik Prabowo dan Cak Imin

Dia menjelaskan, proses kerja sama politik antara PKB dan Gerindra dilaksanakan secara bertahap. Menurutnya, penahapan ini adalah hal penting agar kerja sama politik benar-benar menjadi kesepakatan kedua belah pihak dan tidak ada yang merasa ditinggalkan.

"Kami sangat menghitung proses kerja sama politik ini mulai dari komunikasi kedua ketua umum, dilanjutkan pertemuan antar-pengurus wilayah, kemudian kemarin kita baru saja daftar bareng sebagai parpol peserta Pemilu 2024 ke KPU dan nanti akan diresmikan melalui deklarasi bersama dengan penandatangan kesepakatan kerja sama politik hitam di atas putih," jelasnya.

Huda menerangkan, rencana deklarasi kerja sama politik Gerindra dan PKB akan dihadiri ribuan kader kedua partai politik tersebut.

Nantinya, kata dia, Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto, dan Ketum PKB, Muhaimin Iskandar (Cak Imin), akan menyampaikan orasi politik terkait latar belakang kerja sama dan visi tentang Indonesia yang lebih baik di masa yang akan datang.

"Nantinya selain dibacakan piagam deklarasi juga Pak Bowo dan Gus Muhaimin akan menyampaikan orasi politik tentang visi mereka tentang Indonesia," tandasnya.

Artikel ini telah tayang dengan judul PKB-Gerindra Bakal Deklarasi Koalisi di Sentul Sabtu Pekan Ini.

Selain koalisi PKB-Gerindra, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.