Pilpres 2024 Berpotensi Diikuti oleh Tiga Paslon, Siapa Saja?
Ilustrasi pemilu (VOI)

Bagikan:

ACEH - Pilpres 2024 diprediksi akan diikuti oleh lebih dari dua pasangan calon (paslon). Kabar terbaru, Partai NasDem telah memasang pasang ancang-ancang untuk membuka konvensi calon presiden (capres) demi mendapatkan paslon berkualitas.

Menurut, Adi Prayitno, pengamat politik, tiga paslon bisa dihadirkan dalam pilpres 2024 meski saat ini dinamika politik masih sangat dinamis.

"Kalau dilihat komposisi kekuatan partai, ada tiga paslon yang bisa maju," ungkap Adi, Kamis, 9 Juni.

Prediksi Paslon yang Maju dalam Pilpres 2024

Ia menjelaskan, tiga paslon tersebut terdiri dari koalisi beberapa partai. Pertama, PDIP-Gerindra yang mengusung Prabowo-Puan atau Ganjar-Sandi. Kemudian, Demokrat-PKS ditambah NasDem yang akan mengusung Anies-AHY.

Selanjutnya, ada koalisi Golkar, PKB, dan PPP yang bisa jadi mencalonkan Airlangga-Muhaimin Iskandar atau Airlangga-Ridwan Kamil. 

"Sementara PAN lebih fleksibel bisa masuk ke semua blok," terang Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia ini.

Sebelumnya, politikus Partai NasDem, Saran Mustofa, yakin bahwa penyelenggaraan pilpres 2024 lebih baik jika diikuti oleh lebih dari tiga pasang calon.

Menurutnya, dengan presidential threshold 20 persen, pilpres 2024 sangat memungkinkan menghadirkan tiga pasangan capres dan calon wakil presiden (cawapres).

“Asumsinya bisa menghadirkan lima pasang, sehingga jika tiga pasang capres sangat memungkinkan,” kata Saan, Kamis, 9 Juni.

Artikel ini telah tayang di VOI.id dengan judul Pilpres 2024 Diprediksi Ada 3 Paslon, Begini Peta Koalisinya. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!