Sinyal Cak Imin-Anies Baswedan dari Koalisi Semut Merah Buah Arahan Kiai
Jazilul Fawaid/Foto: Antara

Bagikan:

ACEH - PKB memberikan tanda mengenai orang yang akan diusung oleh mereka dalam pemilu 2024 melalui Koalisi Semut Merah. Dua nama yang ditampilkan adalah Cak Imim-Anies Baswedan. 

Sinyal itu ditampilkan oleh Wakil Ketua Umum PKB, Jazilul Fawaid, melalui akun Instagram-nya @jazilulfawaid_real, pada Minggu, 12 Juni. Jazilul mengunggah gambar pasangan capres dan cawapres, yaitu Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar (Cak Imin), dan Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan. Foto Cak Imin dan Anies tampak bersebelahan lengkap dengan logo PKB dan PKS di sudutnya.

"Bersatu untuk umat. Capres dan cawapres 2024. Koalisi Semut Merah," bunyi tulisan yang ada di bagian tengah poster tersebut.

Cak Imin-Anies Baswedan Adalah Pesan dari Kiai

Terkait sinyal tersebut, Jazilul menjelaskan, unggahan itu merupakan tanda bahwa Koalisi Semut Merah tengah menjajaki keduanya untuk berpasangan pada pemilu nanti. Dia berharap keduanya bisa berduet di pilpres 2024.

"Tanda-tanda, semoga berjodoh," terang Jazilul, Minggu, 12 Juni, dikutip VOI

Wakil Ketua MPR itu juga mengeklaim pasangan Cak Imin-Anies Baswedan merupakan arahan dari seorang kiai. Dipercaya duet keduanya akan membawa kemenangan. 

Namun, tak disebutkan siapa kiai yang memberikan pesan tersebut. Jazilul hanya menyebutnya sebagai "langitnya PKB". 

"Ini saya dapat pesan dari salah seorang kiai langitnya PKB. Gambar itu pesannya, Gus Muhaimin-Anies Baswedan insyaallah menang," terang Jazilul.

Cak Imin dan Capres  

Sebelumnya, Jazilul Fawaid juga mengungkapkan kemungkinan Cak Imin diusung oleh Koalisi Semut Merah pada pilpres 2024. Dia mengatakan, partainya tidak lagi ngotot mengusung Cak Imin sebagai capres jika sudah berkoalisi dengan parpol lain. 

“Kita tidak ngotot lah (Cak Imin jadi capres, red). Kalau di PKB kita ngotot, tapi kalau bersama partai lain, kita perlu bertukar pikiran mencari yang terbaik,” ujar Jazilul di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis, 9 Juni. 

Jazilul mengatakan, PKB memang sepenuhnya solid mengusung Cak Imin maju di kontestasi pilpres 2024. Namun, karena sudah bergabung dengan PKS untuk membentuk koalisi, maka pihaknya akan menempuh jalur kompromi.

“Apakah Gus Muhaimin harga mati? Buat PKB harga mati. Tapi kalau ada teman lain yang koalisi, tentu bukan harga mati lagi. Tapi kompromi,” kata Jazilul.

Wakil Ketua MPR itu mengakui, hingga saat ini PKB masih berdiskusi dengan PKS terkait pencapresan. Terlebih, PKB dan PKB juga masih menunggu satu partai politik lain untuk bergabung dengan Koalisi Semut Merah agar memiliki tiket untuk mencalonkan presiden di pPilpres 2024.

Sebab kata Jazilul, Koalisi Semut Merah masih butuh satu parpol lain untuk lolos ambang batas pencalonan presiden (presidential threshold) 20 persen.

Oleh karena itu, Jazilul menegaskan, pihaknya tidak ingin terburu-buru membicarakan nama capres dan cawapres dalam koalisi, seperti yang pernah dikatakan Presiden Joko Widodo. 

“Jangan buru-burulah, ojo kesusu. Kalau levelnya ketua umum tuh ojo kesusu. Cukup kita aja di level kedua, supaya kita tahu pemetaannya, supaya kita tahu arahnya,” pungkasnya. 

Artikel ini telah tayang dengan judul PKB Beri Sinyal Duet Cak Imin-Anies Baswedan dari Koalisi Semut Merah, Waketum: Ini Pesan Kiai.

Selain Cak Imin-Anies Baswedan, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.