Autopsi Ulang Brigadir J Selesai, Apa Langkah Selanjutnya Polri?
Ilustrasi-Komisioner Komnas HAM Choirul Anam (tengah)/FOTO: Nailin In Saroh-VOI

Bagikan:

ACEH - Polri mengaku mempercepat proses penyidikan kasus yang menewaskan Nopryansah Yosua Hutabarat alias Brigadir J. Terlebih lagi, langkah awal telah selesai dilakukan, yaitu ekshumasi dan autopsi ulang Brigadir J.

"Percepat sidiknya sambil menunggu hasil labfor dan dokter forensik hasil autopsi kemarin," ujar Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo kepada VOI, Kamis, 28 Juli.

Langkah Selanjutnya Usai Autopsi Ulang Brigadir J

Meskipun demikian, dia tak menjelaskan dengan lebih rinci mengenai langkah penyidikan selanjutnya yang akan dilaksanakan oleh tim khusus bentukan Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Kemungkinan, langkah penyidikan yang dimaksud adalah terus mengumpulkan bukti dan petunjuk demi mengungkap kasus berdarah antarpolisi tersebut.

Sedianya, Bareskrim baru mendapat bukti baru berupa rekaman CCTV. Rekaman itu diperoleh dari sekitaran rumah singgah Irjen Ferdy Sambo di kawasan Duren Tiga, Jakarta Selatan. Rumah singgah itu disebut sebagai lokasi tewasnya Brigadir J akibat baku tembak dengan Bharada RE.

"Timsus fokus pada penuntasan case secara SCI (scientific crime investigation) secepatnya," kata Dedi.

Autopsi Ulang Brigadir J

Proses autopsi ulang jenazah Brigadir J telah rampung pada Rabu, 27 Juli. Langkah ini dilakukan untuk mencari bukti di balik tewasnya ajudan Irjen Ferdy Sambo.

Sebab, pihak keluarga menyakini tewasnya Brigadir J bukan dikarenakan baku tembak dengan Bharada RE. Melainkan, adanya unsur pembunuhan berencana.