Pengukuran Lahan Desa Wadas Tahap II Dilakukan, Kompensasi Akan Dibayarkan November
Petugas melakukan pengukuran Tahap II di Desa Wadas Purworejo/ VOI

Bagikan:

ACEH - Proses pengukuran bidang tanah, inventarisasi, dan identifikasi tanam tumbuh serta bangunan tahap II di Desa Wadas, Kabupaten Purworejo telah ilaksanakan pada 12--15 Juli. Menurut Kepala BPN Purworejo, Andri Kristanto, selalu Ketua Panitia Pengadaan Tanah (P2T) Proyek Bendungan Bener mengatakan bahwa keseluruhan proses berjalan dengan lancar, bahkan melebihi perkiraan target.

Dia menjelaskan, awalnya dia menargetkan 200 bidang bisa diukur dalam kegiatan yang dilaksanakan selama 4 hari itu. Namun, di lapangan menunjukkan bahwa puluhan warga Desa Wadas yang semula kontra secara spontan meminta agar lahannya ikut diukur.

BACA JUGA:


Pengukuran Lahan Desa Wadas

Pimpinan kelompok Wadon Wadas, Waliyah, disebut sukarela meminta agar lahannya juga diukur, padahal tadinya dia merupakan salah satu pihak yang kontra dengan pembebasan lahan warga.

"Pada awalnya saya pribadi memperkirakan 200 bidang dapat diukur. Tapi ada warga yang datang secara spontan minta ikut diukur. Akhirnya berkembang menjadi 264 bidang. Total ada penambahan 64 bidang," terang Andri, Kamis, 21 Juli.

Dia menatakan, sejauh ini masih ada 49 bidang lahan warga yang belum diukur. Andri mengimbau warga pemilik lahan segera menghubungi P2T untuk dilakukan pengukuran.

"Untuk tim sewaktu-waktu siap dihubungi. Kalau bisa secepatnya," tambahnya, dikutip VOI.

Dia menegaskan, usai proses pengukuran, tim P2T langsung memproses data yang dihimpun di lapangan pada Senin, 18 Juli. Diperkirakan proses pengolahan data selesai dalam dua minggu.

"Selanjutnya hasil olah data diumumkan kepada warga terkait pada awal Agustus. Lalu ada proses penilaian dari Kantor Jasa Penilaian Publik (KJPP) dan musyawarah. Hasil musyawarah itu nanti dilaporkan ke Lembaga Managemen Aset Negara (LMAN). Kemudian dilakukan proses penaksiran jumlah kompensasi yang akan dibayarkan kepada warga," kata dia.

Pembayaran Kompensasi

Diperkirakan, bila seluruh tahapan proses berjalan lancar, dana kompensasi untuk tanah, bangunan, serta tanam tumbuh yang diukur pada tahap II akan dibayarkan pada bulan November mendatang.

Andri menambahkan, pihaknya amat mengapresiasi kerjasama semua pihak atas kelancaran proses pengukuran, identifikasi dan inventarisasi di Wadas.

Selama kegiatan, kata dia, warga memberikan respon positif atas kehadiran tim P2T di lapangan.

Artikel ini telah tayang dengan judul Hasil Pengukuran Lahan Desa Wadas Tahap II Diumumkan Agustus, Dana Kompensasi Dicairkan Bulan November.

Selain pengukuran lahan Desa Wadas tahap II, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.

Terkait