Autopsi Nopryansah Yosua Hutabarat alias Brigadir J Selesai, Kapan Penyampaiannya?
Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo. (Antara)

Bagikan:

ACEH - Polri menyebut proses autopsi Nopryansah Yosua Hutabarat alias Brigadir J telah selesai dilakukan. Polri akan menyampaikan hasilnya bersama Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM).

"Sudah selesai, tinggal kita tunggu penyampaiannya (hasil autopsi, red)," terang Kadiv Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo, Selasa, 19 Juli, dikutip VOI.

Hasil Autopsi Nopryansah Yosua Hutabarat alias Brigadir J

Meski demikian, dia tak merinci waktu penyampaian hasil autopsi Brigadir J. Dia hanya mengatakan bahwa hasil autopsi akan dipaparkan secara transparan sesuai arahan Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

"Nanti akan disampaikan hasilnya mungkin bersama Komnas HAM biar transparan dan objektif," terang Dedi.

Sebelumnya, Kapolres Metro Jakarta Selatan, Kombes Budhi Susianto, menjelaskan penyebab jari Nopryansah Yosua Hutabarat putus dan goresan di kelopak mata akibat luka tembak yang berasal dari senjata api yang digunakan oleh Bharada E di rumah singgah Irjen Ferdy Sambo.

"Jadi bukan karena ada potongan atau yang lain tapi, saya tegaskan semua luka yang ada pada tubuh brigadir J berdasarkan hasil autopsi sementara berasal dari luka tembak," kata Kombes Budhi.

"(Jadi) peluru yang kena ke jari Brigadir J itu sendiri yang kemudian tembus dan mengenai bagian tubuh yang lain," sambungnya.

Menunggu Hasil Resmi Autopsi

Sementara, terkait luka goresan yang ada di kelopak mata, Budhi mengaku enggan berasumsi. Alasannya, pihaknya masih menunggu hasil resmi autopsi.

Jika hasil resmi sudah keluar, dia berharap hal itu bisa menjadi bahan tambahan untuk mengungkap kasus tersebut.

"Kami tidak mau berasumsi. Bahwa tadi, kami mendasar pada hasil autopsi sementara yang dikeluarkan oleh dokter forensik," tandasnya.

Artikel ini telah tayang dengan judul Autopsi Brigadir J Sudah Rampung, Polri Bakal Paparkan Hasilnya Bareng Komnas HAM.

Selain autopsi Nopryansah Yosua Hutabarat, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.