Pj. Gubernur Aceh Minta Pemaksimalan Penggunaan Dana Desa di Aceh
Pj. Gubernur Aceh Achmad Marzuki melantik Pj. Bupati ACeh Jaya dan Pj. Bupati Pidie di Anjong Mon Mata, Banda Aceh, Senin. ANTARA/M ifdhal

Bagikan:

ACEH - Beberapa waktu lalu Penjabat Gubernur Aceh, Achmad Marzuki, meminta penjabat bupati memaksimalkan penggunaan dana desa yang sudah dikucurkan oleh pemerintah pusat untuk setiap gampong/desa di Aceh.

“Saya minta agar dana desa yang dikucurkan pemerintah pusat setiap tahunnya bisa dikelola dengan baik oleh pemerintah gampong. Saudara harus bisa mengambil langkah pendampingan,” terang Achmad di Banda Aceh, dikutip VOI dari ANTARA, Senin, 18 Juli.

Imbauan Pj. Gubernur Aceh Terkait Dana Desa

Hal tersebut dia sampaikan di sela-sela pelantikan Pj. Bupati Aceh Jaya, Nurdin, dan Pj. Bupati Pidie, Wahyudi Adisiswanto, di Anjong Mon Mata, Banda Aceh. Pelantikan tersebut dilakukan untuk mengisi kekosongan jabatan pimpinan.

Achmad menjelaskan, selaku orang yang mendapatkan amanah dan tanggung jawab, pj. bupati yang baru dilantik itu harus bisa mengambil langkah-langkah pendampingan dan pengawasan agar dana desa tepat sasaran.

“Semoga dana desa yang disalurkan itu tepat sasaran dan bermanfaat bagi pertumbuhan ekonomi di setiap wilayah,” katanya.

Dia juga meminta para pj. bupati tetap memprioritaskan program penanganan pandemi COVID-19, di samping melakukan pemulihan ekonomi pascapandemi. Caranya, dengan segera memacu melalui percepatan realisasi belanja yang efektif, efisien, tepat sasaran, dan bermanfaat untuk masyarakat.

“Hidupkan sektor UMKM, utamanya melalui penggunaan produk dalam negeri dan lakukan upaya-upaya dalam mengurangi angka kemiskinan,” katanya.

Pembangunan Daerah di Aceh

Selain itu, Pj. Gubernur Aceh meminta para pj. bupati bisa sesegera mungkin membangun hubungan dan komunikasi positif dengan seluruh pemangku kepentingan di wilayah dalam mempercepat pembangunan di masing-masing daerah.

“Saya berharap kepada semua pihak termasuk mantan bupati dan wakil bupati ikut mendukung penjabat bupati untuk menjalankan program pembangunan di setiap daerah yang dipimpin,” katanya.

Artikel ini telah tayang dengan judul Penjabat Gubernur Aceh Minta Pj Bupati Kelola Dana Desa dari Pemerintah Pusat: Hidupkan UMKM, Kurangi Kemiskinan.

Selain pengelolaan dana desa di Aceh, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.