Pemkab Simeulue Periksa Kesehatan Hewan Ternak Jelang Iduladha
Ilustrasi - Tim kesehatan hewan memeriksa mulut ternak sapi sebelum di pasar hewan Desa Sibreh, Kecamatan Sibreh/ANTARA

Bagikan:

ACEH - Pemkab Simeulue, Aceh, menerjunkan tim untuk melakukan pemeriksaan kesehatan hewan ternak guna memastikan hewan kurban tidak terpapar penyakit mulut dan kuku (PMK) ataupun penyakit yang lain. 

"Kami turun tim kesehatan untuk memastikan hewan kurban sehat, tidak terpapar penyakit mulut dan kuku serta lainnya," terang Kepala Dinas Perkebunan, Peternakan, dan Kesehatan Hewan, Hasrat Abubakar, di Simeulue Aceh, Selasa, 5 Juli, dikutip VOI dari Antara.

Pemeriksaan Kesehatan Hewan Ternak di Simeulue

Hasrat mengungkapkan, jumlah hewan kurban di Kabupaten Simeulue adalah 280 ekor, baik sapi, kerbau, maupun kambing. Semua hewan ternak itu menjalani pemeriksaan kesehatan sebelum disembelih pada hari raya nanti. 

"Kami juga mengimbau masyarakat selektif dalam membeli hewan kurban. Pastikan hewan ternak yang dijadikan sehat serta memenuhi syarat. Jika ragu dengan kesehatan hewan kurban, bisa berkonsultasi kepada kami," kata Hasrat Abubakar.

Didampingi Eka Wiliasari selaku Kepala Bidang Kesehatan Hewan, Hasrat Abubakar, mengatakan bahwa selain memeriksa kesehatan ternak, tim itu juga akan memantau penyembelihan hewan kurban di rumah potong hewan dan di tempat lainnya.

Pemantau tersebut, kata Hasrat Abubakar, untuk memastikan agar hewan kurban yang disembelih tersebut sudah melalui pemeriksaan kesehatan. Tujuan untuk mencegah penyembelihan hewan yang sakit, sehingga dikhawatirkan dagingnya tidak aman dikonsumsi.

Penyembelihan Hewan Kurban

Hasrat Abubakar mengimbau masyarakat yang melakukan penyembelihan selain di rumah potong hewan juga lokasi yang bersih guna mencegah penularan dan penyebaran penyakit terhadap hewan kurban.

"Kebersihan tempat menjadi hal penting dalam penyembelihan hewan kurban. Karena itu, kami menurunkan tim memantau proses penyembelihan hewan kurban nantinya," kata Hasrat Abubakar.

Kabupaten Simeulue merupakan wilayah kepulauan terluar di Provinsi Aceh. Pulau Simeulue berada di Samudra Hindia yang jaraknya sekitar 180 mil laut dari pesisir barat Pulau Sumatra.

Kabupaten Simeulue merupakan pemekaran dari Kabupaten Aceh Barat sejak tahun 1999. Kabupaten Simeulue memiliki 10 kecamatan dengan 138 gampong atau desa yang dihuni sekitar 80 ribuan jiwa.