718 Ternak di Nagan Raya Sembuh dari Wabah PMK Jelang Iduladha
Seorang dokter hewan melakukan pengobatan terhadap ternak di Desa Lhok Parom, Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, Minggu (26/6/2022). (ANTARA/HO-Dok Pemkab Nagan Raya)

Bagikan:

ACEH - Pemkab Nagan Raya, Aceh, menyatakan 718 ekor ternak sapi dan kerbau di wilayah tersebut telah sembuh penyakit mulut dan kuku (PMK). Kesembuhan ternak dari wabah PMK terjadi menjelang Iduladha pada 9 Juli.

"Alhamdulillah, sebanyak 718 ternak sapi dan kerbau sudah sembuh, dari total ternak yang terjangkit sebanyak 980 ekor,” terang Kepala Bidang Peternakan di Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Nagan Raya, Safridhal, di Nagan Raya, dikutip VOI dari Antara, Minggu 26 Juni.

Vitamin dan Obat-obatan untuk Ternak Terdampak Wabah PMK

Dia menjelaskan, ratusan hewan ternak itu sembuh setelah pihaknya melakukan penyuntikan vitamin dan memberi obat-obatan secara intens kepada ternak warga yang terjangkit PMK.

Pihaknya juga memberikan obat herbal kepada ternak yang sakit. Ini dilakukan dengan harapan ternak yang sebelumnya terjangkit PMK segera sembuh.

Safridhal menambahkan, saat ini jumlah ternak sapi dan kerbau milik warga di Nagan Raya yang tercatat masih sakit adalah 257 ekor dan masih mendapatkan pengobatan dari petugas kesehatan hewan.

Sejumlah Ternak Terpaksa Disembelih

Sementara, jumlah ternak yang terinfeksi PMK yang terpaksa disembelih secara paksa di Nagan Raya, kata dia, mencapai tiga ekor dan yang mati akibat terinfeksi PMK dua ekor.

Guna mencegah terjangkitnya PMK bagi ternak masyarakat, pihaknya juga gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar tidak melepaskan ternak dari dalam kandang dan segera menginformasikan kepada petugas apabila terdapat ternak yang sakit atau memiliki gejala PMK.

Artikel ini telah tayang dengan judul Alhamdulillah, 718 Ternak di Nagan Raya Aceh Sembuh dari PMK Jelang Iduladha 2022.

Selain wabah PMK, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.