Cara Menggunakan Concealer secara Tepat untuk Samarkan Noda dan Jerawat
Ilustrasi (Ron Lach/Pexels)

Bagikan:

ACEH - Beberapa masalah kulit yang umum dialami oleh masyarakat adalah jerawat, bintik penuaan, hiperpigmentasi kulit, dan lingkaran hitam. Berbagai persoalan ini sulit dihilangkan dalam semalam. Namun, hal tersebut bisa disamarkan dengan concealer. Dengan tahu cara menggunakan concealer yang benar, Anda akan tetap tampak cantik meski punya masalah kulit tersebut. 

Kehadiran concealer dalam berbagai bentuk, dari cair hingga krim, dengan tawaran hasil akhir matte, glowing, bahkan flawless tentu menjadi angin segar bagi para wanita untuk menyamarkan masalah kulit. Meski demikian, kunci keberhasilan ada pada cara menemukan formula dan tone yang tepat untuk masalah kulit yang Anda alami. Dikutip VOI dari Good Housekeeping, berikut tips dan trik riasan yang perlu Anda ketahui untuk membuat concealer bekerja dengan baik.

Cara Menggunakan Concealer untuk Dapatkan Hasil Maksimal

Pilih concealer yang tepat

Untuk melancarkan tips dan trik penggunaan concealer, hal pertama yang perlu dilakukan adalah menemukan tone warna concealer yang tepat. Untuk bagian bawah mata, pilihlah warna lebih terang dari warna kulit Anda.

"Ini akan mencerahkan area bawah mata dan menyamarkan lingkaran hitam," kata penata rias, Erica Whelan. Untuk bintik-bintik penuaan, bekas luka dan hiperpigmentasi, "pilih warna concealer yang cocok dengan warna alas bedak," lanjutnya.

Secara khusus, concealer juga dibagi dalam beberapa warna untuk penyamaran terbaik. Warna oranye untuk lingkaran bawah mata dan bintik hitam akibat sinar matahari atau penuaan. Warna hijau menyembunyikan noda merah. Concealer berwarna kuning membantu memperbaiki warna kulit yang tidak merata akibat kemerahan atau hiperpigmentasi.

Untuk kulit dewasa dan kantung mata, pilihlah formula luminizing yang akan memantulkan cahaya dan menambah kilau pada kulit, tetapi pastikan concealer-nya tidak berkilau karena ini dapat mengendap menjadi garis-garis halus dan akhirnya menonjolkan apa yang Anda coba samarkan.

Pakai skincare dan foundation terlebih dahulu

Oleskan pelembab, primer, dan alas bedak sebelum menggunakan concealer. Jika Anda mengaplikasikan foundation terlebih dahulu, Anda akan menuamarkan tampilan masalah kulit dan memungkinkan penggunaan concealer lebih sedikit. Jika Anda tidak menggunakan foundation sama sekali dan hanya menggunakan spot-conceal, pastikan untuk menghidrasi kulit terlebih dahulu.

Menyembunyikan lingkaran hitam bawah mata

Jika Anda ingin mencerahkan lingkaran hitam di bawah mata, pilihlah concealer yang memiliki formula radiant atau luminizing kata Whelan. Para ahli lebih menyukai formula cair untuk kulit tipis di sekitar mata, karena krim dan formula yang lebih tebal dapat mengendap menjadi garis-garis halus dan kerutan.

Alih-alih mengaplikasikan concealer dalam bentuk setengah lingkaran, gambarlah segitiga terbalik yang menonjolkan area depan wajah Anda dan menciptakan ilusi yang terangkat. Untuk hasil terbaik, "titikkan concealer di bawah mata dan tepuk produk ke tempatnya dengan jari manis Anda atau kuas eyeshadow kecil yang lembut," kata Whelan.

Menutupi noda dan jerawat

Jika Anda sudah mengatasi jerawat dengan rutinitas perawatan kulit tetapi ingin menyembunyikan benjolan atau kemerahan untuk sementara, "pilih formula krim yang lebih berat seperti stick concealer," saran Whelan, dan aplikasikan dengan "kuas runcing halus untuk concealer tepat di tempat yang Anda inginkan. Ratakan tepi concealer dengan lembut menggunakan kuas, tepi spons, atau jari agar menyatu dengan kulit untuk perpaduan mulus.

Menyamarkan bintik hitam dan hiperpigmentasi

Pilih formula krim yang lebih berat untuk menutupi bintik-bintik penuaan atau hiperpigmentasi. Konsistensinya harus cukup padat agar noda gelap tersamarkan. Aplikasikan foundation terlebih dahulu untuk meratakan warna kulit, lalu aplikasikan concealer pada bagian yang ingin disamarkan dengan coverage maksimal. Jika kulit Anda kering, gunakan formula yang menghidrasi, bukan matte.

Gunakan tisu untuk cegah gumpalan concealer

Cegah gumpalan concealer pada lipatan sekitar mata dengan menghilangkan kelebihan produk setelah aplikasi. Caranya, pisahkan tisu menjadi dua lapisan, dan tekan salah satu tisu pada kulit untuk menghilangkan minyak berlebih atau produk yang terlalu kental.

Set dengan bedak agar tahan lama

Jika Anda memiliki kulit berminyak, pastikan mengoleskan concealer dengan bedak agar tetap set. Lakukan dengan tapping ringan translucent powder di atas area tersebut. Ini membantu concealer tetap awet sepanjang hari.