Total Kasus Cacar Monyet di Dunia 257, Termasuk di Negara-Negara yang Tak Umum
Ilustrasi WHO. (Wikimedia Commons/United States Mission Geneva)

Bagikan:

ACEH - Pada Minggu organisasi kesehatan dunia, WHO, mengatakan bahwa cacar monyet memiliki risiko sedang terhadap kesehatan secara keseluruhan di tingkat dunia. Hal tersebut ditemukan usai penemuan kasus konfirmasi di negara-negara yang bukan merupakan lokasi umum penemuan penyakit tersebut. 

"Risiko kesehatan masyarakat bisa menjadi tinggi, jika virus ini memanfaatkan peluang untuk menetapkan dirinya sebagai patogen manusia, menyebar ke kelompok yang berisiko lebih tinggi terkena penyakit parah seperti anak kecil dan orang yang mengalami gangguan kekebalan," terang WHO, dikutip VOI dari Reuters, 30 Mei.

Kasus Cacar Monyet yang Tercatat WHO

Hingga 26 Mei, 257 kasus cacar monyet yang dikonfirmasi dan 120 kasus yang dicurigai telah dilaporkan dari 23 negara anggota yang tidak endemik virus, terang WHO dalam sebuah pernyataan. Cacar monyet belum menyebabkan korban jiwa yang dilaporkan.

WHO juga menerangkan, kemunculan cacar monyet yang tiba-tiba sekaligus di beberapa negara non-endemik menunjukkan penularan yang tidak terdeteksi untuk beberapa waktu dan kejadian yang semakin parah baru-baru ini.

Badan tersebut menambahkan, mereka mengharapkan lebih banyak kasus untuk dilaporkan karena pengawasan di negara-negara endemik dan non-endemik meluas.

Mengenal Cacar Monyet

Monkeypox merupakan penyakit menular yang biasanya ringan dan endemik di bagian barat dan tengah Afrika. Ini menyebar melalui kontak dekat, sehingga relatif mudah dikendalikan melalui tindakan seperti isolasi diri dan kebersihan.

Sebagian besar kasus yang dilaporkan sejauh ini telah terdeteksi di Inggris, Spanyol, dan Portugal.

"Sebagian besar kasus yang dilaporkan sejauh ini tidak memiliki hubungan perjalanan yang mapan ke daerah endemik dan telah disajikan melalui perawatan primer atau layanan kesehatan seksual," tandas badan PBB itu.

Artikel ini telah tayang dengan judul Cacar Monyet Ditemukan di Sejumlah Negara yang Tidak Umum, Total Ada 257 Kasus Terkonfirmasi dan 120 Dicurigai.

Selain penyakit cacar monyet, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.