Perang Rusia-Ukraina Masih Terjadi, NATO Gelar Pertemuan Membahas China
Ilustrasi KTT Pemimpin NATO 2021. (Twitter/@jensstoltenberg)

Bagikan:

ACEH - Pemimpin negara Barat yang tergabung dalam NATO melakukan pertemuan di Brussels, Belgia. Hal ini dilakukan terkait perang Rusia-Ukraina yang masih terjadi. Salah satu fokus pembicaraan mereka adalah China.

Pejabat keamanan Amerika Serikat mengaku belum melihat tanda-tanda Beijing memberikan peralatan militer ataupun bantuan lain untuk mendukung pasukan Rusia. Namun, para pejabat Barat menaruh perhatian kepada sikap China yang menolak mengutuk invasi Rusia dan kesediaannya untuk meniru propaganda Kremlin.

"Kami menghadapi lingkungan keamanan yang berubah secara mendasar, di mana kekuatan otoriter semakin siap menggunakan kekuatan untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan," kata Sekretaris Jenderal NATO, Jens Stoltenberg, sehari sebelum pertemuan para kepala negara, dikutip VOI dari VOA, 24 Maret.

"Beijing telah bergabung dengan Moskow dalam mempertanyakan hak negara-negara merdeka untuk memilih jalan mereka sendiri. Jadi, saya berharap kita juga akan membahas peran China dalam krisis ini," lanjutnya.

Sikap NATO kepada China Terkait Perang Rusia-Ukraina

Sejauh ini China berusaha menghindari konflik politik terkait perang di Ukraina. Negeri Tirai Bambu menyatakan, pihaknya mengakui kedaulatan Ukraina, tetapi juga setuju dengan Rusia, yaitu ekspansi NATO menimbulkan "masalah keamanan yang sah".

"China telah memberikan dukungan politik kepada Rusia, termasuk dengan menyebarkan kebohongan dan disinformasi yang terang-terangan, dan sekutu khawatir bahwa China dapat memberikan dukungan material untuk invasi Rusia," kata Stoltenberg, melansir Reuters.

Dia menambahkan, para pemimpin negara di NATO akan menyeru China untuk memenuhi tanggung jawabnya sebagai anggota Dewan Keamanan PBB, menahan diri dari mendukung upaya perang Rusia, serta bergabung dengan seluruh dunia dalam menyerukan segera diakhirinya perang ini secara damai.

Artikel ini telah tayang dengan judul Pemimpin Negara NATO Bahas Invasi Rusia ke Ukraina Hari Ini di Belgia, China Jadi Sorotan.

Selain pertemuan perang Rusia-Ukraina, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.