Indonesia Jadi Tuan Rumah WWF ke-10, Bali Dipilih sebagai Lokasi
Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono. (Irfan Meidianto/VOI)

Bagikan:

ACEH - World Water Forum (WWF) ke-10 akan digelar pada 2024 dan Indonesia terpilih menjadi tuan rumah. Hal tersebut disampaikan oleh Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono. WWF merupakan pertemuan beberapa negara untuk membahas masalah pengelolaan sumber daya air oleh berbagai pemangku kepentingan.

Basuki menjelaskan, Indonesia diputuskan menjadi tuan rumah berdasarkan pertemuan WWF ke-9 yang digelar di Dakar, Senegal. Indonesia berhasil meraih 30 suara dari total 36 suara Dewan Gubernur (Board of Governors) World Water Council (WWC).

“Kita mendapatkan vote tiga puluh, sedangkan Italia hanya satu, sedangkan (Dewan Gubernur WWC) yang lainnya abstain,” terang, Senin, 21 Maret, dikutip VOI.

Indonesia Jadi Tuan rumah WWF ke-10, Lokasinya Bali

Basuki berterima kasih kepada WWC yang telah memberikan kepercayaan kepada Indonesia untuk menjadi tuan rumah WWF ke-10. Bali akan menjadi tempat penyelenggaraan WWF ke-10.

Ada lima kriteria utama yang dilaporkan tim seleksi kepada tuan rumah WWF, yaitu mencakup substansi dan program, kesiapan logistik (Venue) dan aspek teknis, pengorganisasian event, komunikasi dan marketing, serta komitmen pembiayaan untuk penyelenggaraan WWC 2024.

"Kami akan menyusun penyelenggaraan WWF ke-10 secara nyaman, aman, dan efisien di Bali. Di tahun 2024, kita bisa bertemu lagi di Bali untuk menghadiri forum berikutnya dan merasakan keramahan serta kearifan lokal Bali yang luar biasa, termasuk sistem Subak yang telah menjadi warisan dunia UNESCO," ucapnya.

Tema WWF ke-10

WWF ke-10 akan dilaksanakan dengan tema “Water for Shared Prosperity” untuk menjawab tantangan dan potensi global yang diakibatkan oleh peningkatan pertumbuhan penduduk dan urbanisasi.

Diharapkan, pada WWF ke-10, dapat dihasilkan solusi untuk menjawab permasalahan air secara global, khususnya memastikan ketersediaan serta pengelolaan air dan sanitasi yang berkelanjutan.

Artikel ini telah tayang dengan judul Indonesia Terpilih Jadi Tuan Rumah WWF 2024.

Selain tuan rumah WWF 2024, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.