Berita Aceh Terkini: Ladang Ganja di Aceh Dimusnahkan BNN
Foto via Antara

Bagikan:

ACEH - Beberapa waktu lalu Badan Narkotika Nasional (BNN) memusnahkan ladang ganja seluas 8.013 meter persegi di Dusun Meurah, Desa Lamteuba, Kabupaten Aceh Besar, Aceh. Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Narkotika Deputi Pemberantasan BNN, Brigjen Pol. Roy Hardi Siahaan.

"Berawal dari temuan BNN 5 Maret 2022 lalu, kami melakukan pemusnahan ladang ganja di Dusun Meurah Desa Lamteuba, Kecamatan Seulimeum, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh," terang Roy Hardi seperti situs resmi BNN RI di Jakarta, Rabu, 16 Maret.

Tim BNN sebanyak 117 orang membabat kurang lebih 13.000 batang tanaman ganja yang siap panen pada Selasa, 15 Maret.

"Sebagai bentuk sinergisme lintas instansi, BNN turut melibatkan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Satuan Pamong Praja (Satpol PP), Kementerian Pertanian, Kementerian Kehutanan, (Ditjen) Bea dan Cukai (Kemenkeu), serta Kejaksaan Negeri untuk turut melakukan pemusnahan ladang ganja," terang Roy Hardi dikutip VOI dari Antara.

Pemusnahan Ladang Ganja Jelang HUT BNN

Pemusnahan ladang ganja di dua titik itu termasuk dalam rangkaian kegiatan menjelang perayaan Hari Ulang Tahun ke-20 BNN. Dia melanjutkan, ada kegiatan lain yang diselenggarakan dalam rangka menyambut HUT BNN pada 22 Maret 2022 mendatang.

Dia menilai, upaya yang sedang dilakukan BNN saat ini sesuai dengan Pasal 111 Ayat (2) Undang-Undang No. 35 Tahun 2009.

Dengan adanya pemusnahan ladang ganja tersebut, dia berharap masyarakat semakin peduli terhadap aturan perundang-undangan di Indonesia, yang dengan tegas melarang atas kepemilikan, penanaman, serta peredaran gelap tanaman ganja sebagai narkotika golongan 1.

Pemusnahan itu merupakan tugas pertama Roy Hardi setelah dilantik menjadi Direktur Narkotika Deputi Pemberantasan pada 4 Maret 2022 lalu.

Artikel ini telah tayang dengan judul Ladang Ganja di Aceh Seluas 8.013 Meter Persegi yang Ditanam 13 Ribu Batang Akhirnya Dimusnahkan.

Selain ladang ganja di Aceh, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.