Penjelasan Badan Kepala Otorita IKN Terkait Kabar Bagi-Bagi Kavling IKN Nusantara
Kepala Badan Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Bambang Susantono di KPK

Bagikan:

ACEH - Kepala Badan Otorita IKN, Nusantara, Bambang Susantono, mengatakan bahwa pembagian kavling di IKN Nusantara akan dicegah. Hal tersebut akan dilakukan melalui kerja sama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Bambang Susantono menyampaikan hal tersebut menyusul munculnya kabar bagi-bagi kavling di IKN Nusantara yang diungkap KPK.

"Saya kira itu yang menjadi landasan kami untuk kerja sama ke depan," kata Bambang usai bertemu  pimpinan KPK di Gedung Merah Putih KPK, Senin, 21 Maret, dikutip VOI.

Sikap Kepala Badan Otorita IKN Terkait Pembagian Kavling IKN Nusantara

Dia mengaku siap memberikan informasi kepada KPK guna mendalami informasi pembagian kavling tersebut. Dia mengatakan tidak akan membiarkan ada pihak yang memanfaatkan pembangunan IKN untuk keuntungan pribadi ataupun kelompok.

"Kita dari waktu ke waktu juga akan secara berkala menginformasikan tentang kondisi ke lapangan," tegasnya.

"Kami lebih menekankan pada sistem pencegahan bagaimana KPK sejak awal sudah ikut dalam proses ini," imbuh Bambang.

Kabar Pembagian Kavling Tanah IKN

Sebelumnya, Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata, sempat menyinggung upaya bagi-bagi kavling lahan di IKN Nusantara.

Alexander mengungkap hal tersebut saat Rapat Koordinasi Pemberantasan Korupsi Terintegrasi secara hybrid pada Rabu, 9 Maret di Kantor Gubernur Kaltim. Dia mengatakan bahwa kabar tersebut diperoleh dari informan KPK.

"Ternyata lahan IKN itu tidak semuanya clean and clearing. Dari informan kami, sudah ada bagi-bagi kavling," kata Alexander seperti dikutip dari keterangan tertulisnya, Kamis, 10 Maret.

Alexander memastikan KPK akan turun tangan untuk mengawal pembangunan IKN. Apalagi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meminta pengawalan agar celah korupsi dapat ditutup.

"Bapak Presiden sudah meminta pengawalan dari KPK," tegasnya saat itu.

Artikel ini telah tayang dengan judul Kabarnya Ada Bagi-bagi Kavling di IKN, Ini Jawaban Kepala Badan Otorita Bambang Susantono.

Selain penjelasan Kepala Badan Otorita IKN, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.