Berita Aceh Terbaru: Penampungan Pengungsi Rohingya di Bireun Aceh Belum Dipastikan
FOTO VIA ANTARA

Bagikan:

ACEH - United Nations Hight Commissioner for Refugees (UNHCR), lembaga PBB untuk pengungsian, belum bisa memastikan lokasi penampungan untuk 114 pengungsi Rohingya yang beberapa waktu lalu terdampar di Kabupaten Bireun, Provinsi Aceh.

Menurut Kepala Bagian Hubungan Internal dan Eksternal UNHCR Perwakilan Indonesia, Mitra Suryono, hingga saat ini pihaknya masih berkoordinasi dengan pihak otoritas Aceh serta organisasi kemanusiaan yang lain terkait lokasi penampungan para pengungsi itu. 

"Staf UNHCR saat ini berada di Bireuen dan berkoordinasi dengan pihak otoritas setempat. Dan yang menjadi prioritas kami adalah kesehatan orang-orang yang mayoritas diduga adalah pengungsi Rohingya yang baru mendarat beberapa hari lalu," terang Mitra Suryono di Lhokseumawe, Selasa, 8 Maret, dikutip VOI dari Antara.

Pengungsi Rohingya Akan Jalani Karantina

Mitra Suryono menjelaskan, seluruh pengungsi Rohingya yang mendarat di Bireun pada Minggu, 6 Maret, tersebut akan melakukan tes COVID-19 dan proses karantina.

"Setelah karantina, UNHCR akan menjalankan registrasi dan melanjutkan koordinasi dengan pihak otoritas untuk memberikan perlindungan dan bantuan bagi seratusan pengungsi Rohingya ini," kata Mitra Suryono.

Sementara itu, Juru Bicara Satgas Penanganan Pengungsi Rohingya Kota Lhokseumawe Marzuki mengatakan kini belum ada informasi terkait rencana pemindahan 114 warga Rohingya yang terdampar di Bireuen ke Balai Latihan Kerja (BLK) Lhokseumawe.

"Belum ada koordinasi dan wacana terkait pemindahan imigran Rohingya ke BLK Lhokseumawe. Kami masih menunggu informasi lebih lanjut terkait lokasi penampungan imigran Rohingya yang mendarat di Bireuen tersebut," kata Marzuki.