Berita Aceh Terkini: 114 Pengungsi Rohingya Terdampar di Aceh, Musala Jadi Tempat Penampungan Sementara
Warga etnis Rohingya yang terdampar di Aceh. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

ACEH - Pada Minggu dini hari, sekitar pukul 02.00 WIB, sebanyak 114 pengungsi Rohingya terdampar di pantai Kuala Raja, Desa Alue Buya Pasie, Kecamatan Jangka, Kabupaten Bireun, Aceh. Menurut Panglima Laot Bireun, Badruddin, warga etnis Rohingya mendarat sendiri tanpa bantuan, bahkan tak diketahui oleh nelayan.

"Nelayan selama ini memang tidak melaut karena cuaca buruk, tidak ditemukan oleh nelayan. Lokasi mendarat sama juga dengan tahun 2019 lalu," terang Badruddin, Minggu, 6 Maret, dikutip VOI dari Antara.

Pengungsi Rohingya Ditempatkan di Musala

Usai dilakukan pemeriksaan, kapal yang ditumpangi para pengungsi tersebut tidak mengalami kerusakan. 

"Kondisi kapal Rohingya ini dalam kondisi bagus dan tidak ada kerusakan, itu sudah diperiksa," kata Badruddin.

Setibanya di daratan, terang Badruddin, para nelayan yang dibantu masyarakat menempatkan para pengungsi Rohingya di musala Desa Alue Buya Pasie.

Badruddin sudah melaporkan kepada pemerintah setempat, kepolisian, angkatan laut dan UNHCR untuk mendapatkan penanganan selanjutnya.

"Kemungkinan nanti sore akan dipindahkan ke Lhokseumawe, ini tim UNHCR dari Banda Aceh juga sedang dalam perjalanan," kata Badruddin.

Artikel ini telah tayang dengan judul 114 Warga Etnis Rohingya Terdampar di Desa Alue Buya Pasie Aceh, Warga Inisiatif Tempatkan di Musala.

Selain pengungsi Rohingya, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.