7 Trik Makeup dan Perawatan Wajah Perempuan 50 Tahun ke Atas
Ilustrasi cara perawatan wajah usia 50 tahun ke atas (Freepik/Wayhomestudio)

Bagikan:

ACEH - Usia yang semakin bertambah membuat kulit juga membutuhkan perawatan lebih, terutama wajah. Cara memakai makeup juga perlu disesuaikan dengan keadaan. Trik makeup dan perawatan wajah perempuan usia 50 tahun ke atas mungkin bisa jadi solusi.

Tampilan sederhana yang manis bisa didapatkan dengan merias wajah secara natural. Dikutip VOI dari Well and Goog, cara yang tepat bisa menghasilkan efek maksimal sehingga kulit tampak sehat dan bercahaya. 

Inilah Trik Makeup dan Perawatan Wajah Usia 50 Tahun ke Atas

1. Gunakan concealer untuk makeup natural

Concealer adalah pahlawan untuk merias wajah secara natural atau alami. Concealer mampu menyamarkan noda kehitaman akibat bekas jerawat atau tanda penuaan lain. Disarankan untuk menggunakan concealer sempurna, terutama yang melembapkan dan tidak lengket.

Tarryn Feldman, penata rias yang di Nashville dan Los Angeles, menyarankan untuk menghindari mengenakan concealer matte dan bubuk. Pilih concealer krim yang berbahan pelembap, misalnya mengandung oil atau asam hialuronat.

2. Alas bedak yang ringan

Memilih alas bedak yang tepat merupakan tantangan tersendiri. Paling sempurna, pilih alas bedak yang ringan dan melembapkan. Biasanya, produk alas bedak yang pas untuk usia 50 tahun ke atas menuliskan keunggulan dengan ‘menghidrasi’, ‘bercahaya’, dan ‘memperbaiki.

3. Hindari produk perawatan wajah dengan asam salisilat

Asam salisilat kerap diklaim bisa memerangi jerawat, tetapi bahan ini tidak direkomendasikan untuk kulit dewasa. Jika Anda berusia di atas 50 tahun, dokter kulit menyarankan untuk menghindari asam salisilat karena membuat kulit semakin kering. Dokter kulit dan kosmetik, Paul Jarrod Frank, MD., merekomendasikan tiga produk perawatan untuk menggantikan asam salisilat, yaitu tabir surya, hidrasi, dan serum antioksidan.

4. Tambahkan vitamin K 

Vitamin K membantu meminimalkan lingkaran hitam di bawah mata. Vitamin ini juga bermanfaat mengurangi kerutan, bengkak, dan kendur di bawah mata serta mengunci kelembapan alami.

5. Perawatan kulit mengandung bahan-bahan tertentu

Pertama, zinc axide yang berfungsi sebagai tabir surya atau mencegah bintik matahari serta kerutan. Kedua, retinol yang membantu merangsang pergantian sel. Selanjutnya, asan hialuronat untuk mengunci kelembapan dan vitamin C untuk mensintesis kolagen.

6. Rawat kulit secara lembut

Kelembutan adalah kunci untuk menghasilkan kulit yang lembut pula. Karena kulit dewasa lebih tipis, produksi kolagen menipis, maka dokter kulit merekomendasikan untuk scrubbing dengan agresif. Bahkan ketika memakai masker, hindari menarik terlalu kasar agar tak berisiko buruk.

7. Perawatan minimalis

Banyak orang berpikiran bahwa semakin banyak produk perawatan kulit diperlukan ketika usia semakin bertambah. Tujuannya baik, yaitu untuk kulit tetap sehat dan segar. Tetapi menurut Vijay Mudgil, MD., dokter kulit bersertifikat, keliru jika menggunakan terlalu banyak produk dalam perawatan rutin.

Katanya, seiring usia bertambah, kulit tidak melembapkan dirinya juga. Maka ketika memakai banyak produk akan menjadi penghalang pelindung alami. Oleh sebab itu kulit jadi lebih sensitif dan disarankan lakukan perawatan minimalis saja.

Ia menyarankan, untuk menghindari iritasi, kenakan tabir surya yang baik, retinoid ringan pada malam hari, dan pelembap padat dengan asam hialuronat atau ceramide.