Cara Membersihkan Jaket Kulit dengan Benar agar Tahan Lama
Ilustrasi (Tessa Simpson/Unsplash)

Bagikan:

ACEH - Salah satu fashion item yang tak lekang oleh waktu adalah jaket kulit. Jaket kulit saat ini memiliki model yang sangat beragam sehingga mudah dipadupadankan dengan beragam jenis outfit. Tampilan akan semakin mantap ketika seseorang mengenakan jaket kulit. Yang perlu diketahui selanjutnya adalah cara membersihkan jaket kulit.

Ini adalah hal yang penting sebab jika cara membersihkan jaket kulit tidak tepat, fashion item ini bisa cepat rusak. Perawatan yang tepat akan membuat jaket kulit Anda awet sehingga tak perlu sering membeli yang baru karena rusak. Berikut VOI beberkan beberapa tips atau cara membersihkan jaket kulit yang tepat, dikutip dari HGTV.

Tips Menyuci Jaket Kulit

  1. Campurkan air hangat dan sabun cuci piring. Anda juga dapat membuat larutan pembersih dengan cuka dan air dengan perbandingan 1:1. Misal, satu sendok air dengan satu sendok cuka.
  2. Celupkan kain lembut ke dalam larutan, peras dan lap jaket dengan lembut.
  3. Gunakan kain bersih dan lembab untuk menyeka larutan pembersih di jaket.
  4. Keringkan jaket dengan handuk.

Cara Membersihkan Jaket Kulit dari Noda

Untuk menghilangkan noda pada jaket kulit, Anda bisa mengikuti beberapa tips menggunakan pilihan alat bantu berikut ini. 

Pasta gigi

Gunakan jari Anda untuk mengoleskan pasta gigi non-gel pada noda. Gosok perlahan dengan kain lembut sampai noda terangkat. Jangan menggosok terlalu kencang sebab dapat menggores atau melunturkan warna jaket kulit. Bersihkan sisa pasta gigi dengan kain bersih dan lembab.

Aseton

Jika jaket terkena noda tinta atau goresan, coba seka area tersebut menggunakan kapas yang telah dicelupkan ke dalam aseton atau pembersih kutek. Jangan menggosok area noda sebab dapat membuat tinta menyebar. Seka dengan lembut sampai noda hilang. Lap dengan kain bersih yang lembab dan keringkan dengan handuk.

Baking Soda atau Maizena

Hilangkan noda minyak atau lemak pada jaket kulit dengan menaburkan soda kue atau tepung maizena di spot tersebut. Gosok perlahan dengan kain lembab. Diamkan selama beberapa jam atau semalaman. Baking soda dan tepung maizena punya sifat menyerap minyak yang baik sehingga bagus diaplikasikan ke jaket yang terkena minyak. Bersihkan taburan bubuk dengan kain lembut dan keringkan dengan handuk lembut.

Alkohol

Ingin tahu cara membersihkan jamur dari jaket kulit? Campurkan alkohol dan air dengan perbandingan 1:1. Basahi kain dengan larutan alkohol dan bersihkan area yang terkena noda. Lap bersih dengan kain lembab. Teknik Ini juga akan menghilangkan jamur.