Tutupan Hutan Aceh Hilang 19.443 Hektare dalam Setahun
Arsip - Petugas dari Yayasan Hutan Alam dan Lingkungan Aceh (HAkA) menunjukkan kerusakan hutan Aceh melalui Citra Satelit Global Forest Watch (ANTARA)

Bagikan:

ACEH - Yayasan Hutan Alam dan Lingkungan Aceh (HAkA) menjelaskan, sepanjang 2021 Aceh kehilangan tutupan hutan atau deforestasi hutan seluas 19.443 hektare. Hal tersebut akibat pembukaan lahan, pertambangan, dan perambahan perkebunan serta pembalakan liar.

“Kami mendeteksi ada 19.443 hektare hutan alam yang mengalami deforestasi di Aceh pada tahun 2021,” terang Ketua Divisi Geografic Information Sistem HAkA, Lukmanul Hakim, di Banda Aceh, Selasa, 2 Maret, dikutip VOI dari Antara

Tutupan Hutan Aceh Hilang 1 Hektare dalam 27 Menit

Dia mengatakan, deforestasi hutan seluas 19.443 hektare sama luasnya dengan Pulau Weh Kota Sabang ditambah Pulau Breuh dan Pulau Nasi di Aceh Besar.

“Dengan kata lain, dalam 27 menit, Aceh kehilangan 1 hektare tutupan hutan,” katanya.

Meski begitu, lanjut dia, laju deforestasi hutan di Aceh mengalami penurunan dalam lima tahun terakhir. Pada 2015--2016, hutan Aceh mengalami deforestasi seluas 21 hektare. Kemudian terjadi deforestasi seluas 19 ribu hektare pada periode 2017--2018.

Selanjutnya, tambah Lukmanul, hutan Aceh mengalami deforestasi seluas 19 ribu hektare pada 2018-2019 dan juga 14 ribu hektare pada 2020.

Deforestasi Hutan Tertinggi di Aceh 

Menurut data HAkA, laju deforestasi hutan di Aceh paling tinggi terjadi di wilayah Kabupaten Aceh Tengah yaitu sekitar 3.343 hektare dan paling rendah terjadi di Kota Langsa sekitar 27 hektar.

“Laju deforestasi hutan Aceh turun ini mungkin ada pengaruhnya dari upaya penurunan deforestasi oleh pemerintah, kinerja Pamhut (petugas pengamanan hutan) di lapangan dan juga penegakan hukum,” katanya.

Ia berharap semua pihak berkontribusi dalam menjaga hutan Aceh di tengah kondisi hutan Aceh yang terus menyusut. 

“Dalam hal ini pemerintah, CSO (Civil Society Organization) dan pihak lain yang memang memiliki fokus di bagian lingkungan, kedepannya terus memperketat dan memberantas kejahatan lingkungan,” katanya.

Artikel ini telah tayang dengan judul Sepanjang 2021 Aceh Kehilangan Tutupan Hutan Seluas Pulau Weh Ditambah Pulau Breuh dan Pulau Nasi.

Selain tutupan hutan, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.