Terkait Kekerasan di Desa Wadas, Komnas HAM Minta Kapolda Jateng Tindak Tegas Aparat Terlibat
Gedung Komnas HAM/Foto: Antara

Bagikan:

ACEH - Komnas HAM meminta Kapolda Jawa Tengah, Irjen Ahmad Luthfi, menyanksi anggotanya yang melakukan kekerasan terhadap warga di Desa Wadas, Purworejo, Jateng, beberapa waktu lalu. 

Hal tersebut karena Komnas HAM telah menemukan bukti adanya pelanggaran hak asasi manusia (HAM) yang dilakukan oleh polisi ketika peristiwa penolakan pengukuran lahan penambangan batuan andesit di desa tersebut. 

"Meminta kepada Kapolda dan jajarannya untuk memberikan sanksi kepada aparat yang terbukti melakukan kekerasan," terang Komisioner Komnas HAM, Beka Ulung Hapsara, dikutip VOI pada Selasa, 15 Februari.

Permintaan Komnas HAM Terkait Kekerasan di Desa Wadas

Selain itu, Komnas HAM meminta Polda Jateng tidak langsung memberikan stempel hoaks kepada akun-akun media sosial yang menyampaikan laporan langsung di lapangan. 

"Serta memerintahkan Kabid Propam untuk melakukan pemeriksaan dan penegakan sanksi kepada personel yang terbukti melakukan kekerasan terhadap warga," tegas Beka. 

"Polisi juga harus mengembalikan barang-barang dan peralatan warga yang masih disita," sambungnya. 

Beka menjelaskan, Kapolda Jateng, Irjen Ahmad Luthfi, telah merespons permintaan tersebut. Irjen Luthfi, lanjutnya dia, juga langsung memerintahkan jajarannya mengembalikan barang milik warga pada Senin, 14 Februari.

"Komnas HAM RI akan terus melakukan pemantauan terhadap seluruh proses penyelesaian permasalahan yang ada di Wadas," ucap Beka.

Koordinasi Komnas HAM dengan Polda Jateng

Komnas HAM dan Polda Jawa Tengah sepakat untuk berkoordinasi lebih intensif usai peristiwa penangkapan puluhan warga Wadas tersebut. Koordinasi ini untuk menghindari terjadinya insiden serupa dan menciptakan suasana yang kondusif di Desa Wadas.

Dalam pertemuannya dengan Ahmad Luthfi, Komnas HAM juga menyampaikan temuan awal berdasarkan pemantauan di Wadas. Namun, temuan tersebut belum diungkap ke publik. 

Artikel ini telah tayang dengan judul Komnas HAM Minta Kapolda Jateng Beri Sanksi Aparat yang Lakukan Kekerasan di Wadas.

Selain kekerasan di Desa Wadas, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Aceh.