Positif COVID-19, 60 Mahasiswa USK Banda Aceh Jalani Karantina COVID-19
Gedung Rektorat USK Banda Aceh (ANTARA/Rahmat Fajri)

Bagikan:

ACEH - Demi mencegah penyebaran virus corona, Universitas Syiah Kuala (USK) Banda Aceh melakukan karantina COVID-19 terhadap 60 mahasiswa yang terpapar virus tersebut. Mereka menjalani karantina di asrama USK untuk mencegah penyebaran virus.

"Saat ini ada 60 mahasiswa yang sudah kita karantina di asrama, dengan blok khusus," terang Koordinator Humas USK Banda Aceh, Ferizal Hasan, Rabu, 9 Februari, dikutip VOI dari Antara.

Karantina COVID-19 di Asrama Mahasiswa

Ferizal menjelaskan, usai seorang mahasiswa diketahui terpapar COVID-19, pihak kampus melakukan pelacakan terhadap 102 mahasiswa yang lain. Dari hal tersebut, ditemukan 60 mahasiswa terkonfirmasi positif COVID-19.

"Karena ada yang terpapar satu orang di asrama, kemudian kita tracing semua di salah satu blok asrama tersebut, dan dari 102 mahasiswa yang ditracing, 60 orang terpapar atau 59 persen," ujarnya.

Ferizal mengatakan bahwa 60 mahasiswa itu berasal dari berbagai fakultas dan tinggal di satu blok asrama. Oleh sebab itu, mereka dikarantina untuk mencegah penyebaran virus.

"Mereka tidak diizinkan keluar asrama sampai nantinya dinyatakan negatif COVID-19, mereka sudah tiga hari dikarantina," ujarnya.

Karena kondisi ini, lanjut Ferizal, USK kembali menerapkan kegiatan perkuliahan secara daring hingga 20 Februari 2022, sebagai respons terhadap perkembangan COVID-19 di lingkungan kampus.

"Sekarang kita berlakukan daring dulu, kita lihat perkembangan meningkatkan atau tidaknya COVID-19, dan nanti kita tunggu arahan dari Satgas COVID-19 Banda Aceh bagaimana ke depannya," kata Ferizal.

Mahasiswa Asrama Tak Diizinkan Pulang

Ferizal menyampaikan mahasiswa lainnya yang masih tinggal di asrama juga tidak diizinkan pulang ke kampung halaman, mereka harus mengikuti kuliah daring di blok asrama masing-masing.

"Tidak ada yang pulang kampung. Semua mahasiswa itu belajar daring dari Banda Aceh," ujarnya.

Ferizal menambahkan, sebagai upaya pencegahan COVID-19, kampus juga telah mewajibkan vaksinasi terhadap semua mahasiswa, dan ini juga mendapatkan pengawasan dari tim kesehatan perguruan tinggi.

"Kalau belum vaksinasi terus kita dorong untuk melakukannya di Rumah Sakit USK, dan bagi mahasiswa yang berada di kampung juga diwajibkan vaksinasi di daerah masing-masing," ujar Ferizal.

Artikel ini telah tayang dengan judul Universitas Syiah Kuala Aceh Karantina 60 Mahasiswa Positif COVID-19.

Selain karantina COVID-19, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Aceh.