Vaksinasi COVID-19 Bisa Dilakukan di RSP Banda Aceh, Berikut Jadwalnya
Rumah Sakit Pendidikan Universitas Syiah Kuala ​​​​​​​ (RSP USK) Banda Aceh, Provinsi Aceh. (FOTO ANTARA)

Bagikan:

ACEH - Bagi masyarakat Banda Aceh yang belum menerima vaksin, Rumah Sakit Pendidikan Universitas Syiah Kuala (RSP USK) Banda Aceh membuka layanan vaksinasi COVID-19 yang ditujukan kepada masyarakat umum, mulai dari kalangan anak-anak, remaja, dan lanjut usia (lansia).

"Layanan ini dibuka setiap Senin sampai dengan Jumat pukul 10.00 WIB sampai 16.00 WIB,” terang Direktur RSP USK, Iflan Nauval, di Darussalam Banda Aceh, Selasa, 15 Februari, dikutip VOI dari Antara

Syarat Vaksinasi COVID-19 di RSP USK Banda Aceh

Di rumah sakit tersebut tersedia empat jenis vaksin, yaitu Sinovac, Sinopharm, Pfizer, dan Moderna. Selain itu, di RSP USK juga tersedia vaksin booster bagi masyarakat berusia 18 tahun ke atas.

"Anak yang berusia dari 6--11 tahun akan diberikan vaksin Sinovac, remaja berusia 12--18 tahun akan diberikan vaksin jenis Pfizer,” jelasnya.

Masyarakat yang berusia 18 tahun ke atas bisa diberikan vaksin Moderna. Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan vaksin di RSP USK hanya perlu membawa kartu identitas, seperti KTP.

“Apabila masih berusia 17 tahun ke bawah, bisa membawa foto kopi kartu keluarga,” katanya.

Selain itu, masyarakat yang ingin divaksinasi juga akan diminta nomor HP yang aktif agar dapat menerima sertifikat vaksin di aplikasi PeduliLindungi.

"Jadi, begitu divaksin, kita input datanya. Hanya butuh waktu satu jam, sudah langsung masuk sertifikat vaksinasi di aplikasi PeduliLindungi," katanya.

Kerja Sama RSP USK Banda Aceh dengan Beberapa Pihak

Dalam membuka layanan ini, rumah sakit tersebut bekerja sama dengan banyak pihak, di antaranya Kodam melalui Kesdam, Polda Aceh, pihak swasta seperti dari Salim Grup, BUMN Kimia Farma.

"Kita juga dibantu dengan peserta didik, dokter yang sedang mengambil program spesialis. Kita juga dibantu dari tenaga kesehatan yang di fakultas kedokteran, keperawatan, dan kedokteran gigi,” katanya.

Dia mengatakan masyarakat yang selama ini divaksin di RSP USK rata-rata atas kesadaran sendiri.

“Kami juga akan terus mensosialisasikan pentingnya vaksinasi melalui media sosial, seperti Instagram, dan Facebook, sehingga kesadaran untuk vaksinasi semakin meningkat,” demikian Iflan Nauval. 

Artikel ini telah tayang dengan judul RSP USK Banda Aceh Buka Layanan Vaksinasi COVID Mulai Pukul 10.00-16.00 WIB, Syaratnya Cukup KTP.

Terkait