Mesir Lolos ke Semifinal Piala Afrika 2021 Usai Tundukkan Maroko 2-1
Mohamed Salah (kiri) dan Mahmoud 'Trezeguet' Hassan (kanan) (Foto: Antara)

Bagikan:

ACEH - Mohamed Salah berperan penting dalam keberhasilan Mesir merebut tempat di semifinal Piala Afrika 2021 pada Minggu malam. Juara tujuh kali itu bangkit dari ketinggalan dan membalik keadaan dengan menundukkan Maroko 2-1 melalui perpanjangan waktu. 

Penalti yang dieksekusi oleh Sofiane Boufal membawa Maroko unggul. Namun, sang kapten Mesir, Mohamed Salah, berhasil menyamakan kedudukan pada awal babak kedua, kemudian merancang gol penentu kemenangan yang dicetak oleh Mahmoud Trezeguet 10 menit memasuki perpanjangan waktu.

Dikutip VOI dari Antara, Senin, 31 Januari, Mesir akan menghadapi tuan rumah Kamerun pada laga semifinal di Yaounde, Kamis pekan ini. Dari total enam pertandingan kedua raksasa Afrika Utara itu Maroko memimpin 3-2 dalam turnamen besar Afrika. 

Jalannya Pertandingan Mesir vs Maroko dalam Piala Afrika 2021

Pelatih Maroko, Vahid Halilhodzic, dan pelatih Mesir, Carlos Queiroz, melakukan dua pergantian setelah masing-masing menang pada babak 16 besar atas Malawi dan Pantai Gading.

Aymen Barkok masuk mengisi sisi kanan lini tengah Maroko menggantikan Imran Louza, sedangkan penyerang Munir el Haddadi menggantikan Ayoub el Kaabi yang cedera.

Penjaga gawang Mesir, Mohamed Elshenawy, tak bisa tampil karena cedera saat melawan Pantai Gading sehingga tempatnya diisi Mohamed Abou Gabal.

Gelandang Hamdy Fathy juga absen dan Ayman Ashraf, yang biasanya bek, masuk lapangan setelah Queiroz menyadari adanya ancaman dari bek kanan Maroko, Achraf Hakimi.

Hakimi hanya butuh tiga menit untuk membuat dampak besar ketika Ashraf gagal menyentuh bola dan kemudian melanggar bintang Paris Saint-Germain itu sehingga berujung penalti.

Setelah gagal mengeksekusi penalti melawan Kepulauan Comoros, Maroko mengganti eksekutor penalti dan Boufal tidak mengecewakan Singa Atlas dengan menjebloskan bola ke sudut kanan saat Abou Gabal yang bergerak ke arah berlawanan.

Terakhir kali Mesir tertinggal dalam turnamen ini adalah ketika melawan Nigeria dalam pertandingan pembuka grup saat mereka gagal menyamakan kedudukan dan harus puas berada pada posisi kedua di belakang Elang Super dalam klasemen akhir fase grup.

Babak pertama laga besar Piala Afrika 2021 tersebut berakhir dengan Maroko yang mempertahankan keunggulan satu gol.

Mesir menggantikan bek Ahmed Hegazy yang cedera dengan Trezeguet pada babak pertama dan penyerang Aston Villa itu melepaskan tendangan yang melebar dari gawang hanya empat menit memasuki babak kedua.

Gol Mohamed Salah

Maroko tertekan ketika Mesir menyamakan kedudukan pada menit ke-53 saat Salah menceploskan bola dari jarak dekat setelah Bounou hanya bisa menangkis sundulan Mohamed Abdelmonem yang memanfaatkan sepak pojok.

Emosi memuncak menjelang laga berakhir setelah Hakimi keberatan dilanggar oleh Mostafa Mohamed sehingga kedua pemain saling dorong yang kemudian dipisahkan wasit.

Saat Maroko mengendalikan lagi pertandingan, Abou Gabal menjadi penyelamat Mesir ketika menepis sundulan Nayef Aguerd.

Mesir kemudian berbalik unggul pada menit ke-100 ketika tiga bek Maroko gagal menghentikan Salah, yang umpan silangnya diteruskan Trezeguet ke tiang jauh.

Mesir akan menghadapi tuan rumah Kamerun di semifinal pada 4 Februari dini hari WIB.

Artikel ini telah tayang dengan judul Mohamed Salah Bawa Mesir Comeback Sekaligus Melaju ke Semifinal Piala Afrika 2021.

Selain Piala Afrika 2021, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Aceh.