Tak Sekadar Kalahkan Salah, Mane Bawa Senegal Juarai Piala Afrika 2021
Senegal juara Piala Afrika 2021 (Twitter @CAF_Online)

Bagikan:

Aceh - Sadio Mane dkk. berhasil menjadi juara Piala Afrika 2021. Ini merupakan kali pertama bagi Senegal menjadi raja di kompetisi sebenua itu. Sadio Mane yang gagal mengonversi tendangan penalti pada babak pertama berhasil menebusnya dengan keberhasilan dalam eksekusi adu penalti. 

Mane juga berhasil memenangkan duel tidak resmi antara dua bintang Liverpool, yaitu dirinya melawan Mohamed Salah yang merupakan kapten Mesir.

Dikutip VOI dari Antara, laga final Piala Afrika 2021 selama 120 menit berakhir tanpa gol. Laga yang berakhir dengan kemenangan Senegal melalui adu penalti ini digelar di Stade d'Olembe, Yaounde, Kamerun.

Jalannya Pertandingan Senegal vs Mesir dalam Final Piala Afrika 2021

Mane menyia-nyiakan peluang membawa Senegal unggul pada menit ketujuh babak pertama karena tendangan penaltinya berhasil dimentahkan oleh kiper Mesir, Mohamed Abou Gabal.

Sementara, Mohamed Salah bersama tim Mesir gagal meraih gelar juara Piala Afrika kedelapan. Dalam adu penalti, Salah bahkan tidak sempat melakukan tendangan karena sudah tak diperlukan lagi mengingat dua rekannya gagal memasukkan bola, sedangkan pemain Senegal hanya satu yang gagal.

Sadio Mane mencetak gol kemenangan melalui tendangan penalti saat Senegal merebut gelar Piala Afrika untuk pertama kalinya dengan kemenangan adu penalti 4-2 atas pemenang tujuh kali Mesir menyusul hasil imbang 0-0 dalam penentuan di Yaounde, Minggu.

Penjaga gawang Senegal, Edouard Mendy, memblok tendangan penalti Mohanad Lasheen dalam adu penalti itu untuk memberi Mane kesempatan memastikan kemenangannya di Piala Afrika 2021.

Mohamed Abou Gabal Jadi Man of the Match 

Senegal memang pantas menjuarai turnamen ini karena sepanjang 120 menit dalam laga final ini menjadi tim yang jauh lebih baik ketimbang Mesir dengan menciptakan banyak peluang gol yang jauh lebih banyak dan mendominasi lapangan sepanjang laga.

Mesir harus berterima kasih kepada kiper mereka Mohamed Abo Gabal karena dialah yang menjadi aktor sentral yang membawa Mesir memaksa Senegal memainkan adu penalti.

Dia melakukan serangkaian penyelamatan gemilang yang menghindarkan gawang Mesir kebobolan dan sekaligus membuat Mesir empat kali memaksakan pertandingan dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu.

Artikel ini telah tayang dengan judul Mane Kalahkan Salah, Bawa Senegal Juarai Piala Afrika untuk Kali Pertama.