Ma'ruf Amin Minta Sertifikasi Halal Produk Maknan dan Minuman UMKM Dipermudah
Ma'ruf Amin (DOK ANTARA)

Bagikan:

ACEH - Beberapa waktu lalu Wakil Presiden, Ma’ruf Amin, meminta agar pemberian label halal melalui sertifikasi halal terhadap produk-produk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dipermudah. Hal tersebut ditujukan kepada Lembaga Pengkajian Pangan, Obat dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM-MUI).

"Sebagai pionir Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) di Indonesia, LPPOM-MUI perlu terus mendukung upaya perluasan dan percepatan proses sertifikasi halal, terutama bagi UMKM sektor makanan dan minuman," ungkap Ma'ruf Amin dalam acara Tasyakur Milad ke-33 LPPOM-MUI melalui konferensi video, Selasa, 25 Januari, dikutip VOI dari Antara.

Sertifikasi Halal LPPOM-MUI

Selain itu, Ma'ruf Amin meminta LPPOM-MUI terus menjadi ujung tombak proses pemeriksaan dan pengujian kehalalan produk. Dia berharap, adanya perwakilan LPPOM-MUI di sejumlah negara bisa memperkuat eksistensi Indonesia sebagai bagian dari rantai pasok industri halal global.

"Penguatan ekosistem industri halal harus terus dilakukan, terutama untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas industri produk halal, agar semakin memberi nilai tambah bagi perekonomian Indonesia," jelasnya.

Ma'ruf Amin juga mengapresiasi peran LPPOM-MUI terkait sertifikasi halal di Indonesia, antara lain melalui program Sertifikasi Halal Gratis atau Sehati yang membuahkan sertifikat halal bagi 644 usaha mikro kecil (UMK).

"Terima kasih kepada LPPOM-MUI yang ikut berperan aktif dalam program Sertifikasi Halal Gratis, Sehati, bagi UMK, dan melalui penyelenggaraan Festival Syawal yang berhasil mencetak 644 UMK bersertifikat halal," katanya.

Sertifikasi Halal Diharapkan Tak Terkendala

Dalam situasi pandemi COVID-19, Wapres berharap proses sertifikasi halal tidak terkendala dengan menggunakan sistem Modified On-Site Audit (MOSA) untuk mempercepat sertifikasi tersebut.

"Ini merupakan layanan sertifikasi halal daring, khususnya bagi produk-produk yang bersifat sederhana dan tidak memiliki tingkat kritis halal tinggi," ujarnya.

Wapres kembali mengingatkan bahwa pemberian label halal menjadi sangat penting guna memberi keyakinan kepada masyarakat produk tersebut memiliki mutu terjamin, aman dan sesuai dengan syariat, sekaligus memberi nilai tambah daya saing produk.

Artikel ini telah tayang dengan judul Ke LPPOM-MUI, Wapres Ma'ruf Amin Minta Sertifikasi Halal Produk UMKM Dipermudah.

Selain sertifikasi halal produk UMKM, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Aceh.