Memahami Pengertian dan Ciri-Ciri Ideologi Komunisme
Ilustrasi pengertian ideologi komunisme (Pexels/Moonergong)

Bagikan:

ACEH - Sebelum mengupas pengertian ideologi komunisme, kita ketahui dulu pengertian ideologi. Secara etimologi, ideologi berasal dari bahasa Yunani, idea yang berarti ‘ide atau gagasan’ dan logos  ‘studi tentang’ dan ‘ilmu pengetahuan tentang’.

Jika mengadopsi pengertian KBBI, ideologi memiliki arti kumpulan konsep bersistem yang dijadikan asas pendapat (kejadian) yang memberikan arah dan tujuan untuk kelangsungan hidup. 

Pengertian Ideologi Komunisme

Kemudian, komunisme merupakan ideologi yang dipegang oleh suatu struktur sosial di mana semuanya diurus bersama. Dalam Kamus Filsafat tulisan Lorens Bagus disebutkan bahwa komunisme berasal dari bahasa Latin communis yang berarti ‘umum, sama, publik, universal’. Ideologi komunisme bisa dipahami sebagai sistem politik dan ekonomi yang berusaha menciptakan masyarakat tanpa kelas di mana alat-alat produksi utama, seperti tambang dan pabrik, dimiliki dan dikendalikan oleh publik.

Dikutip VOI dari Britannica, komunisme tidak mengenal kepemilikan oleh pemerintah atau swasta terhadap mata uang. Kekayaan dibagi secara merata kepada setiap warga negara atau sesuai kebutuhan individu. Ideologi ini berhubungan erat dengan ajaran komunisme dari tokoh revolusioner, yaitu Karl Marx bersama Fredrich Engels dalam karya The Communist Manifesto (1848).

Sebagai konsep ketatanegaraan, pada tahun 1917 kaum Bolshevik merebut kekuasaan melalui Revolusi Oktober. Ini adalah pertama kalinya prinsip-prinsip dalam ideologi komunisme berhasil digunakan untuk merebut kekuasaan. Mereka kemudian mengubah nama menjadi Partai Komunis dan menggaungkan cita-cita mereka ke semua partai sosialis Eropa.

Properti publik dinasionalisasikan serta menempatkan pabrik dan rel kereta api di bawah kendali pemerintah. Stalin kemudian memimpin dan memperluas pertumbuhan Uni Soviet dan diikuti negara penganut ideologi komunis lainnya, termasuk Cina.

Ciri-Ciri Ideologi Komunisme

Pada prinsipnya, ideologi komunisme memiliki 5 ciri-ciri. Pertama, seperti yang telah dipaparkan di atas bahwa kepemilikan pribadi atas alat-alat produksi dihapuskan. Artinya, seorang individu tidak dapat memiliki apapun kecuali kebutuhan hidup dan tidak bisa menjalankan bisnis pribadi.

Kedua, semua alat produksi, seperti pabrik, peternakan, tanah, perdagangan, konstruksi, pertambangan, dan sarana transportasi serta komunikasi berada di bawah kepemilikan dan dikendalikan oleh negara.

Ketiga, pemanfaatan sumber daya nasional berupa produksi dan distribusi barang direncanakan secara matang. Pemanfaatan mempertimbangkan keseimbangan antara permintaan dan penawaran dan direncanakan secara terpusat.

Keempat, kesenjangan pendapatan dihapuskan sehingga adil. Pun dengan distribusi kekayaan akan dibagi rata secara adil. Kelima, pelaksana negara yang menganut ideologi komunis bertanggung jawab untuk memberikan pekerjaan dan kompensasi sesuai dengan kemampuan setiap individu.

Mengutip World Population Review, negara penganut ideologi komunis antara lain Cina, Kuba, Laos, Korea Utara, dan Vietnam.