Jemaah Umrah Indonesia Segera Berangkat dengan Kuota Terbatas
Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Bagikan:

ACEH - Kementerian Agama (Kemenag) memberikan teguran kepada Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (AMPHURI) karena dinilai telah melanggar kesepakatan usai memberangkatkan 84 pimpinan Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) pada 30--31 Desember 2021.

Pada 23 Desember disetujui 25 tim advance dari AMPHURI berangkat ke Arab Saudi. Namun kenyataan berkata lain, akhir tahun 2021 jumlah jemaah yang diberangkatkan melebihi kesepakatan. Sementara, ada penundaan keberangkatan hingga 2 Januari.

Diketahui, penundaan dilakukan setelah ada arahan Presiden Jokowi dan Menteri Agama untuk tidak bepergian ke luar negeri. Lantas, kapan jemaah umrah Indonesia bisa berangkat ke Tanah Suci? 

Waktu Pemberangkatan Jemaah Umrah Indonesia

Direktur Bina Haji Umrah Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag, Nur Arifin, memastikan pemerintah akan memberangkatkan jemaah umrah pada Januari ini. 

"Alhamdullilah, 3 Januari kami sudah rapat dengan berbagai kementerian, Kemenlu, KBRI Riyadh, KJRI Jeddah, Kemenkes dan Kemenhub dan Satgas COVID-19," terang Nur Arifin saat dihubungi VOI, Rabu, 5 Januari. 

Hasilnya, Nur Arifin menjelaskan bahwa umrah diperbolehkan dengan jumlah yang terbatas. Selanjutnya, Kemenag menunggu daftar nama calon jemaah umrah dari Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU).

"Intinya bahwa tidak ada larangan ke luar negeri. Imbauan menahan diri ke luar negeri itu artinya menahan jumlahnya,  jangan berlebihan, tetap dalam kendali dari Satgas COVID-19 maka kami sedang buat surat tujukan pada PPIU untuk kirim daftar nama peserta umrah Januari. Maka secepatnya akan segera ada umrah," katanya.

"Setelah nama terkumpul kami petakan paling tidak dalam waktu dekat ini kita dengan konsep penerbangan satu pintu dari Asrama Haji Pondok Gede, sudah ada solusi ke sana (sinkronisasi tawakkalna dan PeduliLindungi)," tandasnya. 

Artikel ini telah tayang dengan judul Jangan Khawatir, Januari Ini Kemenag Pastikan Secepatnya Jemaah Bisa Umrah Tapi Jumlahnya Terbatas.