Pasien Varian Omicron Lolos dari Karantina, Cak Imin Minta Pemerintah Lebih Tegas
Muhaimin Iskandar alias cak Imin/PKB.id

Bagikan:

ACEH – Diinformasikan bahwa ada pasien positif COVID-19 varian omicron yang lolos dari karantina di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta. Ketum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Abdul Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, menyayangkan hal tersebut.

Terlebih lagi, alasan pasien tersebut diizinkan pulang oleh Dinkes DKI Jakarta setelah hasil tes COVID-19 pembandingnya dinyatakan negatif. Cak Imin meminta Kementerian Kesehatan (Kemenkes) serius dalam menangani persoalan ini.

"Saya kira pemerintah teledor, tentu saja sangat menyayangkan. Saya meminta Kemenkes segera menangani masalah ini dengan serius," ungkap Cak Imin di Jakarta, Selasa, 28 Desember, dikutip VOI.

Pasien Varian Omicron Lolos, Cak Imin Minta Penghapusan Dispensasi

Cak Imin meminta pemerintah lebih tegas dan tidak memberikan toleransi kepada setiap pasien, apalagi yang terkonfirmasi varian omicron. Lolosnya pasien karantina disinyalir akibat dispensasi dari petugas di lapangan.

"Kita ini semua sedang perang melawan COVID-19 yang punya varian banyak dan terus bermutasi. Namanya juga perang maka kita harus serius dalam hal apapun, alatnya, sistemnya, sama pertahanannya. Kalau abai satu saja ya kalah kita," tegas Cak Imin.

Oleh sebab itu, Cak Imin meminta agar kebijakan dispensasi karantina dihapus demi mengantisipasi terulangnya kejadian tersebut. Utamanya, karantina bagi pelaku perjalanan internasional yang baru masuk Indonesia.

"Setop dulu dispensasi-dispensasi itu, hapus saja. Tidak ada pengecualian bagi siapapun dalam hal karantina, karena COVID-19 tidak mengenal sosok dan jabatan. Siapa pun bisa tertular kalau abai," demikian Cak Imin.

Kronologi Pasien Omicron Lolos Karantina

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkap pasien omicron yang lolos dari Wisma Atlet adalah pelaku perjalanan luar negeri yang datang dari Inggris. Saat datang, ia dinyatakan positif COVID-19, tetapi meminta tes pembanding.

Setelah dilakukan tes kedua, ia dinyatakan negatif COVID-19 dan boleh karantina mandiri oleh Dinkes DKI.

"Lima hari kemudian tes positif omicron, jadi kita kejar lagi kita tes seluruh keluarganya semua dan alhamdullillah sudah negatif," kata Menkes dalam jumpa pers, Senin, 27 Desember.

Artikel ini telah tayang dengan judul Pasien Omicron Lolos Karantina, Cak Imin: Pemerintah Teledor.

Selain pasien varian omicron, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Aceh.