Anggota DPR Fraksi PDIP Usul Perubahan Aturan Nataru untuk Cegah Varian Omicron
Ilustrasi (Irfan Meidianto/VOI)

Bagikan:

ACEH – Beberapa waktu lalu anggota Komisi IX DPR RI Fraksi PDIP, Rahmad Handoyo, meminta pemerintah segera bertindak mengubah kebijakan selama libur Natal 2021 dan tahun baru 2022 (Nataru). Hal tersebut terkait ditemukannya varian omicron di Indonesia.

“Pemerintah harus bertindak cepat dan dinamis menyikapi kondisi kekinian. Dengan ditemukannya varian omicron ini, kita mendorong ada perubahan aturan pada libur Nataru nanti," ujar Rahmad, Jumat, 17 Desember, seperti dikutip VOI.

"Mungkin larangan mudik menjadi salah satu cara antisipasi agar varian ini tidak menyebar,” lanjutnya.

Permintaan Pengetatan Perbatasan Terkait Varian Omicron

Dia mengaku akan mendukung sepenuhnya apa pun langkah yang akan dilakukan oleh pemerintah dalam menyikapi varian omicron di Tanah Air.

“Kita beharap libur Nataru di mana banyak warga yang melakukan perjalanan keluar kota dan pulang kampung tidak menjadi momentum penyebaran varian omicron. Harus ada perubahan aturan pada Nataru ini agar kita tidak kecolongan dan larangan mudik barangkali, itu jadi salah satu cara antisipasi agar varian omicron tidak menyebar," kata Rahmad.

Dia juga meminta pemerintah meningkatkan kewaspadaan, terutama di perbatasan-perbatasan laut, udara, dan darat.

“Kewaspadaan para petugas dan satgas kita yang di laut, udara, darat tentu harus ditingkatkan. Satu hal yang tak boleh terlupakan, karantina harus menjadi keharusan dengan tata cara yang lebih baik apalagi dengan adanya liburan Nataru ini, saya kira proses karantina bagi warga negara indonesia yang mau masuk kembali ke indonesianya mutlak harus dilakukan," tegas Rahmad.

Rahmad mengatakan, persiapan pelaksanaan manajemen karantina di lapangan perlu ditingkatkan sebagai langkah pertahanan bagi warga Indonesia.

“Saya kira kalau kita semakin kuat semakin baik kita, yakin kita bisa mengahalau COVID-19 varian omicron ini,” ungkap Rahmad.

Artikel ini telah tayang dengan judul Omicron Terdeteksi di Indonesia, Anggota DPR dari PDIP Usul Aturan Natal dan Tahun Baru Diubah.

Selain varian omicron jelang Natal dan tahun baru, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Aceh.