Langkah Pemerintah Cegah Varian Omicron Masuk Indonesia
Ilustrasi (Pixabay)

Bagikan:

ACEH – Pemerintah menindaklanjuti beberapa langkah untuk mencegah masuknya varian omicron (B.1.1529 ) ke Indonesia. Salah satu Langkah yang dilakukan adalah mencegah pelaku perjalanan dari beberapa negara.

Menurut Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan, mengumumkan larangan masuk ke Tanah Air bagi warga negara asing (WNA) dari Hongkong dan beberapa negara di Afrika. Larangan tersebut resmi diberlakukan hari ini, 29 November.

"Pelarangan masuk untuk WNA yang memiliki riwayat perjalanan selama 14 hari terakhir ke negara-negara berikut Afrika Selatan, Botswana, Namibia, Zimbabwe, Lesotho, Mozambique, Eswatini, Malawi, Angola, Zambia, dan Hongkong," terang Luhut dalam konferensi pers yang ditayangkan secara daring, Minggu, 28 November, seperti dikutip VOI.

Masa Karantina untuk Cegah Sebaran Varian Omicron

Jumlah negara tersebut, lanjut Luhut, bisa berkurang dan bisa juga bertambah. Hal tersebut terjadi karena pemerintah akan terus mengavaluasi secara berkala.

Selain itu, pemerintah menetapkan kebijakan baru pelaksanaan karantina. Bagi WNI yang pulang ke Indonesia dan punya riwayat perjalanan dari 11 negara itu akan dikarantina selama 14 hari.

Sementara, WNA yang datang ke Indonesia selain dari belasan negara tersebut harus menjalankan karantina selama 7 hari. Dengan kata lain, masa karanina WNA dari luar negara yang telah disebutkan bertambah empat hari dari kebijakan sebelumnya.

Kementerian Kesehatan juga akan meningkatkan genomic sequencing bagi pelaku perjalanan internasional.

"Terutama dari kasus-kasus positif yang dari riwayat perjalanan ke luar negeri untuk mendeteksi varian omicron ini," tegas Luhut.

Selain itu, pemerintah lewat Kementerian Kesehatan juga akan meningkatkan genomic sequencing bagi pelaku perjalanan internasional. "Terutama dari kasus-kasus positif yang dari riwayat perjalanan ke luar negeri untuk mendeteksi varian omicron ini," tegas Luhut.

Artikel ini telah tayang dengan judul Langkah Pemerintah Cegah Masuknya COVID-19 Varian Omicron dari Afrika Selatan ke Tanah Air.

Selain varian omicron, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Aceh!