Novel Baswedan Kembali Kritik KPK Pimpinan Firli Bahuri
Novel Baswedan (Foto via Rizky Adytia Pramana/VOI)

Bagikan:

ACEH – Saat ini Novel Baswedan masih menunggu penugasan untuk menjadi ASN Polri. Novel tak lagi berstatus sebagai penyidik senior KPK dan dia terus melempar kritik kepada KPK pimpinan Firli Bahuri.

Di Mabes Polri setelah menjalani assessment test, Novel sedih dengan kinerja KPK saat ini. Bedasarkan data Lembaga Survei Indikator Politik Indonesia, tingkat kepercayaan masyarakat terhadap KPK turun.

Novel Baswedan Terkait Kepercayaan terhadap KPK

Saat ini, KPK menempati peringkat kelima. Sementara, pada hasil survei sebelum-sebelumnya KPK selalu ada di posisi kedua atau ketiga. Tapi saat justru jauh menurun.

"KPK sendiri yang semestinya adalah lembaga yang paling diandalkan untuk melakukan tugas memberantas korupsi ternyata sekarang semakin lama kinerjanya semakin turun. Bahkan kalau kita lihat survei yang terakhir, indeks kepercayaan masyarakat terhadap KPK juga paling rendah dalam sejarah," beber Novel, Selasa 7 Desember, dikutip VOI.

"Tentunya, ini bisa dilihat bagaiamana kita sendiri, semua ya, saya kira sulit untuk melihat adanya atau melihat kesungguhan pimpinan KPK dalam melakukan-melakukan pemberantasan korupsi," lanjutnya.

Novel Baswedan Ambil Bagian dalam Pencegahan Korupsi

Sementera, Novel memberikan pujian kepada Kapolri, Listyo Sigit Prabowo. Tawaran dari Kapolri untuk membantu Polri melakukan pencegahan korupsi langsung disambut baik oleh Novel. Meski demikian, Novel dkk. sebenarnya mau urusan penindakan.

"Saya dan kawan-kawan tentunya mau untuk berkontribusi dalam rangka melakukan tugas-tugas pemberantasan korupsi walaupun slot yang ada adalah bidang pencegahan karena saya tahu bahwa tugas ASN tentunya ASN Polri tentunya bukan bidang penindakan tapi lebih ke pencegahan," tandasnya.

Sebelumnya, 44 eks pegawai KPK termasuk Novel Baswedan menerima tawaran untuk menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) Korps Bhayangkara. Sedangka, ada 12 orang yang tercatat menolak tawaran tersebut.

Dari 12 orang yang menolak, salah satu di antaranya yakni Rasamala Aritonang. Alasan menolak menjadi ASN Polri lantaran telah menjadi pengajar di salah satu Universitas.

Artikel ini telah tayang dengan judul Di Mabes Polri, Novel Baswedan Terus Kritik Firli Cs dan Puji Komitmen Kapolri Listyo Sigit.

Selain kritik Novel Baswedan kepada KPK, ikuti berita serta info menarik dari dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Aceh.