21 Kabupaten/Kota Masuk KaTa Kreatif Indonesia 2021, Termasuk Banda Aceh
Menparekraf, Sandiaga Uno (DOK Instagram sandiuno)

Bagikan:

ACEH – Pada Selasa lalu Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, menetapkan serta mengucapkan selamat kepada 21 kabupaten/kota yang terpilih sebagai KaTa Kreatif Indonesia 2021. Penetapan tersebut dilaksanakan di Samarinda.

"Penetapan ini diharapkan menjadi pemacu kabupaten/kota dan yang lain untuk mengembangkan ekonomi kreatif di daerahnya masing-masing," kata Sandiaga, dikutip VOI dari Antara, Selasa, 30 November.

Sandiaga menjelaskan, KaTa merupakan singkatan dari Kabupaten dan Kota Kreatif. Ini merupakan program kolaborasi yang dilaksanakan Kemenparekraf dengan pemerintah daerah untuk mendorong para pelaku UMKM berinovasi demi memulihkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Dengan demikian, peluang usaha dan lapangan kerja baru bagi masyarakat bisa tercipa.

Sandiaga Uno Optimis dengan Ekonomi Kreatif

Sandiaga Uno juga mendorong Kota Samarinda untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan Uji Petik Penilaian Kabupaten/Kota Kreatif pada tahun mendatang.

"Kita lihat Samarinda menjadi salah satu kota yang paling tinggi tingkat pertumbuhan ekonominya, melebihi tingkat pertumbuhan nasional," jelasnya.

Sandi yakin pertumbuhan ekonomi kreatif akan terus meningkat. Dia juga mengajak seluruh pelaku ekonomi kreatif dalam pemulihan ekonomi untuk memaksimalkan penggunaan digital dengan Gercep, Geber, dan Gaspol.

Gercep adalah Gerak Cepat, Geber adalah Gerak Bersama sebab pemerintah pusat tidak bisa berjalan tanpa pemerintah daerah, sedangkan Gaspol adalah Garap Semua Potensi Online.

"Mari kita satukan langkah bulatkan tekad mendorong ekonomi, Together yes we can do it," tegas Sandi.

Daftar Kabupaten/Kota Masuk KaTa Kreatif Indonesia 2021

Penetapan 21 KaTa Kreatif Indonesia 2021 dibagi menjadi dua tahapan dengan 10 kabupaten/kota pertama adalah Kota Balikpapan, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kabupaten Majalengka, Kota Malang, Kabupaten Rembang, Kota Denpasar, Kabupaten Gianyar, Kota Palembang, Kota Semarang, dan Kota Surakarta.

Kemudian 11 kabupaten/kota selanjutnya adalah Kota Ambon, Kota Banda Aceh, Kabupaten Banjarnegara, Kota Salatiga, Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Wakatobi, Kabupaten Wonosobo, Kota Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Karanganyar, dan Kota Pekalongan.

Sementara, Wali Kota Samarinda, Andi Harun, atas nama pemerintah kota serta warga Samarinda mengaku bangga dan terkejut sebab Samarinda terpilih menjadi puncak penetapan KaTa Kreatif Indonesia 2021.

"Mudah-mudahan dengan kegiatan ini ekonomi kreatif terus tumbuh dan Samarinda menjadi kontributor pertumbuhan Indonesia terutama di tengah krisis pandemi," harap Andi.

Andi juga menegaskan pandemi tidak boleh menghilangkan kredibilitas masyarakat dalam bekerja untuk memajukan bangsa.

Artikel ini telah tayang dengan judul Sandiaga Uno Tetapkan 21 KaTa Kreatif Indonesia 2021 di Samarinda.

Selain KaTa Kreatif Indonesia 2021, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Aceh!