Kebakaran Tangki Pertamina Cilacap, Anggota DPR: Tak Bisa Dianggap Kejadian Biasa
Ilustrasi. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

ACEH - Kebakaran tangki Pertamina di area kilang PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Cilacap, Jawa Tegah, mesti dilanjutkan dengan proses audit dan investigasi sebab kejadian seperti ini bukan kali pertama terjadi. Hal tersebut diungkapkan oleh anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi PPP, Achmad Baidowi.

"Kebakaran kilang ini bukanlah yang pertama kali namun sudah berulang dan tidak bisa dianggap sebagai kejadian biasa saja," ungkap Baidowi dalam keterangan tertulis, Minggu, 14 November.

Menurutnya, audit dan investigasi harus dilakukan terhadap kualitas tangki di kilang-kilang minyak. Hal tersebut demi menghindari kejadian serupa terulang lagi.

"Perlu dilakukan audit investigatif terhadap kualitas tangki penampungan kilang-kilang tidak hanya di Cilacap mengingat kejadian serupa juga pernah terjadi di tempat lain seperti Balongan dan tempat lainnya," tegasnya.

Langkah-Langkah Terkait Kebakaran Tangki Pertamina

Setelah audit dan investigasi, tambahnya, Pertamina harus melakukan perbaikan dan antisipasi.

Pascakebakaran tersebut, Baidowi juga meminta agar Pertamina memastikan pasokan bahan bakar bagi masyarakat tidak terganggu.

Ke depan, Fraksi PPP mengusulkan Komisi VI melaksanakan Rapat Panitia Kerja (Panja). Hal ini bertujuan agar masalah kebakaran tangki kilang yang berulang dapat dibahas komperhensif.

"Untuk mengawasi persoalan ini, Fraksi PPP mengusulkan Panja di Komisi VI untuk bisa membahas secara komprehensif," ungkap Baidowi.

Diberitakan sebelumnya, kebakaran terjadi di tangki berisi pertalite pada Sabtu, 13 November sekitar pukul 19.20 WIB dan berhasil dipadamkan pada pukul 23.05 WIB yang dilanjutkan dengan pendinginan.

Sebagai informasi, kilang Pertamina Cilacap merupakan satu dari 6 kilang Pertamina dengan kapasitas pengolahan 270 ribu barel per hari. Kilang ini memiliki 228 tangki untuk menampung crude yang akan diolah, gas serta BBM hasil pengolahan minyak mentah.

Artikel ini telah tayang dengan judul Tangki Pertamina Terbakar Lagi, PPP: Tidak Bisa Dianggap Kejadian Biasa, Perlu Audit Investigatif Kualitas.

Selain kebakaran tangki Pertamina di Cilacap, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!