Polisi Bekuk Terduga Pelaku Penembakan Anggota TNI di Pidie Aceh
Kabid Humas Polda Aceh, Kombes Pol Winard

Bagikan:

ACEH - Kepolisian Resor (Polres) Pidie, Polda Aceh meringkus tiga terduga pelaku penembakan yang menewaskan satu anggota TNI berpangkat kapten.

Menurut penjelasan Kabid Humas Polda Aceh, Kombes Pol Winardy, para terduga pelaku ditangkap pada Minggu. Penangkapan dipimpin oleh Kapolres Pidie, AKBP Padli, didukung Polisi Militer Polda Aceh.

"Ketiga terduga pelaku yakni berinisial D (43), F (42), dan M. Ketiga pelaku memiliki peran tersendiri. Motif penembakan adalah perampokan," terang Winardy di Banda Aceh, Minggu, 31 Oktober.

Berdasarkan pemeriksaan, terang Winardy, pelaku D merupakan petani yang berperan menyediakan senjata api. Pelaku F bekerja sebagai tukang merupakan eksekutor.

"Sedangkan M bekerja sebagai wiraswasta diduga perencana pertemuan. Pelaku M dalam keseharian kenal dengan korban. Dalam kejadian ini, uang korban puluhan juta rupiah diambil pelaku," jelas Winardy dikutip dari Antara.

Korban Penembakan dan Perampokan Dimakamkan secara Militer

Winardy menerangkan, penembakan berawal ketika pelaku M mengajak korban bertemu. Di tempat pertemuan, dua terduga pelaku juga menunggu hingga terjadi penembakan dan perampokan.

"Perampokan tersebut telah direncanakan para pelaku sehari sebelum eksekusi di kebun cabai milik pelaku D. Saat ini, para pelaku diamankan di Polres Pidie untuk penyidikan lebih lanjut," ungkap Winardy.

Anggota TNI, Kapten Inf Abdul Majid (53), yang tewas tertembak di Pidie dimakamkan di depan rumah duka di kawasan Beurawe, Kecamatan Kuta Alam, Kota Banda Aceh, secara militer. Korban yang merupakan anggota TNI/Dantim BAIS Pidie berpangkat kapten tertembak pada Kamis, 28 Oktober sekitar pukul 17.15 WIB.

Sementara itu, prosesi pemakaman terhadap almarhum dilaksanakan dengan upacara militer dan disaksikan oleh warga setempat. Almarhum terakhir kali berada di rumah bersama pada Minggu, 24 Oktober 2021, dan kemudian kembali bertugas di Pidie. Almarhum meninggalkan seorang istri dan tiga anak laki-laki.

Artikel ini telah tayang dengan judul Polda Aceh Bongkar Peran 3 Terduga Penembak Prajurit TNI di Pidie, Motifnya Perampokan.

Selain penembakan di Pidie, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!