Bamsoet Minta Aparat Menindak KKB Papua
Ketua MPR, Bambang Soesatyo (Antara)

Bagikan:

Kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua telah melakukan beberapa aksi yang menyebabkan korban jiwa. Terkait hal tersbut, Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Bambang Soesatyo, meminta TNI-Polri melancarkan tindakan tegas terukur terhadap KKB Papua tersebut.

"Aparat TNI-Polri untuk terus melakukan pengejaran serta melakukan tindakan tegas terukur terhadap KKB tersebut. Hal ini perlu dilakukan segera agar tidak terjadi lagi kasus-kasus penembakan yang meresahkan masyarakat, khususnya warga di Kota Illaga," papar Bambang dalam keterangannya di Jakarta, Jumat, 16 April.

Tukang ojek tewas dalam serangan KKB Papua terbaru

Bamsoet, panggilan Bambang Soesatyo, mengatakan bahwa hal tersebut berkaitan dengan rangkaian tindak kekerasan yang terjadi di wilayah pegunungan Papua, khususnya Kabupaten Puncak.

Info terbaru, terjadi penembakan yang menyebabkan satu orang pengemudi ojek di Kampung Eromaga, Distrik Omikia, Kabupaten Puncak meninggal. Sebelum kasus tersebut, KKB Papua melancarkan aksi pembakaran dan penembakan di Kampung Julukoma. Dalam serangan tersebut, dua guru meninggal dunia.

Bamsoet menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya korban jiwa akibat aksi kekerasan KKB sekaligus mengecam aksi-aksi KKB Papua yang mengakibatkan korban jiwa serta situasi mencekam.

Ia meminta anggota TNI-Polri terus berupaya mempersempit ruang gerak KKB hingga titik terlemahnya menyerahkan diri ke Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sehingga kondisi dan situasi Papua kembali kondusif.

"Saya meminta aparat untuk dapat melibatkan Badan Intelijen Nasional (BIN), mengingat informasi yang disampaikan BIN, sangat dibutuhkan dalam penyusunan langkah dan strategi penumpasan gerakan KKB di Papua," terangnya.

Bamsoet meminta TNI-Polri meningkatkan kewaspadaan, penjagaan, dan keamanan di setiap objek vital di Papua termasuk di lingkungan penduduk.

Langkah itu menurut dia untuk memberikan rasa aman bagi masyarakat sekitar sekaligus mengantisipasi terjadinya serangan-serangan teror yang dilakukan KKB.

Dia juga mengimbau kepada seluruh masyarakat di Kota Ilaga, Papua agar membatasi aktivitas dan tidak keluar kota untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Selain info soal KKB Papua, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!