Sudah Lebih Tinggi dari Daerah Lain, Buruh Ibu Kota Demo Minta Kenaikan UMP DKI Jakarta Mencapai Rp5,3 Juta
Unjuk rasa buruh di Balai Kota DKI Jakarta (Diah/VOI)

Bagikan:

ACEH - Beberapa buruh dari Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) dan Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) melakukan aksi unjuk rasa di sejumlah provinsi di Indonesia. Salah satu demo tersebut dilakukan di depan Balai Kota DKI Jakarta, kantor Gubernur DKI. Dalam aksinya, para buruh menuntut kenaikan UMP DKI Jakarta 2022, yaitu mencapai Rp5,3 juta.

Nominal tersebut berdasarkan survei KSPI di 24 provinsi di Indonesia dengan menggunakan komponen kebutuhan hidup layak (KHL) para buruh.

"Kami sudah survei pasar, harga-naik pada naik. Proyeksinya di tahun 2022 kita harus punya UMP sebesar Rp5.305.000. Itu hasil survei pasar," kata Ketua DPW FSPMI DKI Jakarta, Winarso, saat demonstrasi di depan Balai Kota DKI Jakarta, Selasa, 26 Oktober.

Alasan Permintaan Kenaikan UMP DKI Jakarta

Meski demikian, Winarso mengatakan bahwa pihaknya tak menutup peluang untuk berdialog dengan Pemprov DKI dan Dewan Pengupahan DKI Jakarta terkait kenaikan upah.

Setidaknya, kata dia, UMP tahun 2022 di Jakarta bisa naik 7 sampai 10 persen dari tahun 2021 sebesar Rp4,4 juta.

Menurutnya, UMP senilai Rp4,4 juta tahun ini belum mampu untuk memenuhi kebutuhan para buruh di Jakarta. Hal tersebut terkait biaya hidup di Ibu Kota cukup tinggi. Sementara, gaji per bulan yang didapat buruh belum mencukupi kehidupan yang layak.

"Kami ingin, Gubernur DKI Jakarta, tunjukan jika kamu peduli terhadap nasib kita. Itu baru perjuangan pemerintah," serunya.

Tak hanya itu, kelompok buruh ini juga masih menyuarakan penolakan atas Undang-Undang Cipta Kerja. Dalam waktu dekat, Mahkamah Konstitusi akan mengeluarkan putusan uji formul UU Cipta Kerja. Mereka berharap MK akan membatalkan Omnibus Law tersebut.

Artikel ini telah tayang dengan judul Gelar Demo, Buruh Tuntut Kenaikan UMP DKI 2022 Jadi Rp5,3 Juta.

Selain kenaikan UMP DKI Jakarta, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!