Penting Nih! 3 Cara Menyimpan Tepung biar Tahan Lama
Ilustrasi menyimpan tepung agar awet (Unsplash/Ben McLeod)

Bagikan:

ACEH – Butuh cara menyimpan tepung yang tepat agar irit, tetapi awet? Anda perlu tahu wadah yang tepat, suhu, dan penyebab tepung menjadi tidak awet serta berkutu.

Dilansir All Recipes, saat Anda menjaga tepung tetap segar, makanan yang akan Anda buat juga akan tetap berkualitas. Agar tidak tengik dan berkutu, cobalah tips menyimpan tepung berikut ini.

Cara Menyimpan Tepung dengan Tepat

  1. Simpan dalam suhu dingin

Suhu yang hangat atau bahkan panas akan membuat tepung menjadi mudah tengik. Jadi, disarankan agar tepung disimpan di tempat yang dingin.

Jika freezer masih ada ruang, letakkan saja di sana. Kalau tidak ada, Anda bisa menyimpan tepung di tempat yang sejuk.

  1. Wadah kedap udara

Jika kemasan tepung sudah dibuka, simpanlah dalam yang wadah kedap udara. Tepung bersifat menyerap bau, pastikan wadah tidak menyisakan aroma sabun.

Jika disimpan di wadah kedap dan tidak terpapar udara, tepung akan awet lebih lama.

  1. Pastikan terhindar dari paparan cahaya

Selain tempat kedap udara, musuh utama tepung adalah cahaya. Cahaya dapat mendorong oksidasi dan menjadikan tepung mudah berbau tengik.

Selain cara menyimpan tepat, Anda juga perlu mengetahui kapan perlu membuang stock tepung di rumah. Untuk tepung putih dapat disimpan hingga 3 bulan pada suhu ruangan. Jika disimpan dalam lemari pendingin atau freezer bisa bertahan hingga 2 tahun.

Sedangkan tepung gandum utuh atau tepung gandum lembut bisa disimpan selama 1 bulan pada suhu ruangan. Apabila disimpan pada suhu dingin, tepung gandung bisa bertahan 3 hingga 6 bulan.

Ketika tepung sudah berbau serta dihinggapi serangga, maka Anda perlu membuangnya untuk menjaga kualitas bahan untuk makanan yang akan diolah di rumah.

Artikel ini telah tayang dengan judul 3 Cara Menyimpan Tepung agar Awet dan Tidak Berkutu.

Selain cara menyimpan tepung, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!