Cara Menyimpan Tas Kulit biar Awet Tanpa Jamur dan Pengelupasan
Cara Merawat Tas Kulit (Artem Beliaikin/Pexels)

Bagikan:

ACEH – Tas kulit memilik daya tarik yang kuat. Tak heran jika wanita banyak memburunya sebagai koleksi. Namun, memiliki tas kulit tak cukup dengan membelinya saja, Anda juga harus bisa merawatnya dengan baik agar tidak mudah rusak. Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah cara menyimpan tas kulit agar awet.

Jika Anda asal-asalan dalam menyimpan tas kulit, tas akan mengalami berbagai hal yang membuatnya kurang elegan, seperti kulit pada tas retak, warnanya pudar, kulit terkikis, dan jamuran. Untuk mengatasi hal tersebut, VOI punya beberapa tips yang bisa dicoba.

Cara Menyimpan Tas Kulit agar Tahan Lama

  1. Kondisi dan Tempat yang kering

Kondisi tas atau tempat penyimpanan yang lembab bisa mengakibatkan jamur tumbuh subur di kulit tas. Anda perlu menjauhi daerah lembab, terutama pada bagian dalam tas. Penggunaan silica gel sangat membantu menghindari tas ditumbuhi jamur.

Tapi perlu diingat, silica gel hanya bertahan selama 2-4 minggu saja sehingga perlu diganti secara berkala. Tips lain, Anda bisa meletakkan alat serap lembab pada tempat penyimpanan tas.

  1. Hindari alkohol, air, dan minyak campuran

Tak sedikit informasi yang menyebutkan bahwa alkohol, air, dan minyak kayu putih bisa untuk membersihkan tas kulit. Namun, ini hanya berlaku jika kulit tas terbuat dari bahan sintetis.

Hindari penggunaan ketiga bahan tersebut untuk membersihkan tas kulit asli. Gunakanlah lotion khusus untuk membersihkan tas kulit asli. 

Air dan alkohol dapat menurunkan kelembaban pada permukaan kulit. Dampaknya, kulit tas jadi mudah retak dan pecah-pecah. Selain itu, minyak campuran dapat memicu tumbuhnya jamur pada kulit.

  1. Gunakan bag pillow

Tas dirancang untuk diisi barang. Jika tidak dipakai dalam jangka waktu lama, Anda bisa menggunakan bag pillow, sprei, handuk, selimut, atau kertas roti tipis untuk disumpal ke dalam tas.

Hal ini demi mencegah perubahan bentuk tas, kerutan, dan bekas lipatan pada permukaan kulit tas. Hindari penggunaan kertas koran sebab karbon bisa meninggalkan noda di bagian dalam tas.

  1. Jauhkan dari sinar matahari

Dusty bag tidak hanya berfungsi untuk menjaga tas kulit tetap bersih dari debu halus yang mengganggu, tapi dusty bag juga dapat menjaga tas Anda berubah warna akibat paparan sinar matahari yang merusak tekstur kulit dan membuat permukaan tas kulit pecah-pecah. 

Selama tidak dipakai, coba simpan tas Anda di dalam dusty bag dan tempat yang tidak terjangkau sinar matahari, ya. 

  1. Ganti tas setiap hari

Tas kulit adalah bagian penting dari fashion, terutama bagi perempuan. Agar kulit tas yang disimpan dalam lemari tidak mudah terkelupas, Anda bisa memakainya bergiliran setiap hari.

Dengan membawa tas keluar rumah dan bertemu udara segar, kondisi tas jadi lebih terjaga dan Anda jadi lebih peka dengan kondisi tas. Sehingga, jika ada kerusakan dan infeksi jamur jadi lebih mudah terdeteksi dan cepat diatasi. 

Artikel ini telah tayang dengan judul Agar Tidak Mudah Terkelupas, Begini Cara Tepat Menyimpan Tas Kulit.

Selain cara menyimpan tas kulit, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Aceh!

Terkait