Tips Membuat Sambal Tahan Lama secara Sederhana
Ilustrasi tips agar sambal tahan lama (Freepik)

Bagikan:

ACEH - Sambal adalah hidangan penting bagi orang yang menyukai kuliner pedas. Namun, kadang ini menjadi dilema sebab tak semua sambal tahan lama sehingga harus selalu membuat sambal baru. Nah, ada kok tips membuat sambal tahan lama yang bisa Anda praktikkan.

Dengan tips tersebut, Anda bisa lebih menghemat waktu karena tak harus sering membuat sambal. Anda juga tidak perlu merasa panik dan kebingunan saat ingin segera makan, padahal sayur dan lauknya tidak pedas. Salah satu tips ini berhubungan dengan lemari pendingin atau kulkas. Nah, agar lebih jelas, berikut VOI sajikan beberapa tipsnya. 

Tips Sederhana Membuat Sambal Tahan Lama 

1. Pilih bahan berkualitas

Cabai, tomat, bawang merah, dan bawang putih dengan kualitas pilihan dan segar tak hanya menentukan kenikmatan sambel. Ini juga berhubungan dengan keawetan sambel saat disimpan dalam waktu lama. Pilih bahan-bahan yang segar dan cuci hingga bersih.

Selain pemilihan bahan, pakai juga peralatan yang bersih. Ini perlu dilakukan agar sambal tidak terkontaminasi bakteri yang membuatnya mudah basi.

2. Bahan disangrai atau digoreng

Tidak jarang sambal di Nusantara diolah dengan bahan yang dikukus. Tetapi jika Anda ingin menyimpan hasil olahan sambal dalam waktu lama, maka bahan perlu diolah dengan disangrai atau digoreng terlebih dahulu.

Cara ini dilakukan supaya aromanya lebih lembut. Selain juga mengurangi kandungan air dalam bahan agar tak lembap dan memicu cepat basi.

3. Tumis sambal dengan minyak

Minyak merupakan salah satu bahan pengawet yang alami, terutama untuk makanan. Seperti sambal, Anda bisa membuatnya lebih awet dengan menumis sambal mentah dengan minyak panas. Dengan api kecil agar tak gosong, sambah mentah bisa ditumis sampai matang tanak.

4. Kenali tanda sambal matang tanak

Selain aroma yang menguar lebih lembut, sambal yang sudah matang warnanya akan berubah lebih gelap. Jika minyak sudah terpisah dari sambal, ini juga bisa menandai bahwa sambal sudah matang.

5. Simpan ketika dalam suhu ruangan

Setelah ditumis, sambal yang sudah matang dan siap disimpan perlu didinginkan terlebih dahulu. Biarkan dalam suhu ruangan sehingga suhu panas akan menurun. Ketika sudah dingin, baru Anda bisa memproses tahap selanjutnya.

6. Siapkan wadah yang steril

Sterilisasi wadah bisa disesuaikan dengan bahannya. Misalnya jika bahan kaca, bisa dipanaskan terlebih dahulu supaya bakteri dan kuman yang menempel mati. Ini perlu dilakukan supaya sambal tidak terkontaminasi kuman sehingga mudah basi.

7. Simpan di suhu dingin

Tempat dengan suhu dingin paling pas untuk menyimpan stok makanan yang siap makan, seperti sambal. Setelah dingin, dikemas, dan di tutup rapat, sambal bisa disimpan di lemari pendingin. Jika ingin lebih lama dari dua bulan, Anda perlu menyimpannya di freezer.

Artikel ini telah tayang dengan judul 7 Tips Agar Sambal Tahan Lama, Awet Disimpan Lebih dari Sebulan.

Selain tips membaut sambal tahan lama, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.