Turki Tanggapi Surat Permohonan dari Keturunan Sultan Aceh
Foto via Antara

Bagikan:

ACEH – Beberapa waktu lalu keturunan Sultan Aceh yang juga pemimpin Darud Donya, Cut Putri, mengirimkan surat permohonan bantuan kepada Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan. Surat tersebut telah mendapatkan respons baik dari pemerintahan Turki.

"Kami sangat berterima kasih atas respons dan sambutan baik, serta perhatian Turki kepada rakyat Aceh yang kini sedang berjuang," ungkap Cut Putri dalam keterangannya, dikutip dari Antara, Selasa, 19 Oktober.

Surat yang dikirimkan Cut Putri tersebut berisi permohonan bantuan kepada pemimpin Turki untuk membantu Aceh yang saat ini dalam kondisi darurat sejarah.

Keturunan Sultan Aceh Berusaha Lindungi Situs Sejarah Islam dari Proyek IPAL

Disampaikan bahwa saat ini Aceh butuh bantuan Turki untuk menyelamatkan khazanah dan warisan islam Asia Tenggara di Aceh yang kritis dan terancam dimusnahkan karena pembangunan IPAL di Banda Aceh.

Cut Putri mengatakan, dirinya sudah berkomunikasi langsung dengan Wakil Perdana Menteri Turki, Fikri Isik, dan menegaskan bahwa mereka akan selalu peduli kepada Aceh.

"Beliau (Wakil Perdana Menteri Turki) tegaskan bahwa bertekad untuk mengikuti jejak nenek moyangnya untuk peduli kepada Aceh," ujarnya.

Cucu Sultan Aceh keturunan Sultan Jauharul Alam Syah Johan Berdaulat Zilullah Fil Alam itu bersyukur dan bahagia atas sambutan baik dari Turki terkait usaha penyelamatan situs sejarah peradaban Islam Asia Tenggara di Aceh.

"Pihak Turki juga ingin tahu lebih jauh dan mempelajari lebih dalam tentang situasi darurat (sejarah) yang sedang terjadi di Aceh," kata Cut Putri.

Seperti diketahui, pemerintah Banda Aceh kembali melanjutkan pembangunan proyek IPAL di Gampong Pande kota setempat pada akhir Februari 2021. Bangunan itu sempat dihentikan karena banyak ditemukan situs bersejarah seperti nisan makam raja dan ulama Aceh pada 2017 lalu.

Kemudian, kelanjutan pembangunan tersebut menuai kritikan serta penolakan dari berbagai kalangan masyarakat Aceh, terutama warga setempat, budayawan hingga keturunan raja Aceh.

Artikel ini telah tayang dengan judul Surat Keturunan Sultan Aceh soal Darurat Sejarah Peradaban Islam Direspons Pemerintah Turki.

Selain keturunan Sultan Aceh, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!