Mengenal Sosok Rumeysa Gelgi, Wanita Tertinggi di Dunia
Foto via guinnessworldrecords.com

Bagikan:

Aceh – Rumeysa Gelgi dari Turki membuat rekor dunia melalui Guinness World Records sebagai wanita tertinggi di dunia yang masih hidup. Ini merupakan rekor dunia kedua yang ia catatkan.

Pada tahun 2014, saat Rumeysa berusia 18 tahun, ia dianugerahi gelar remaja tertinggi yang hidup (perempuan). Sekarang dengan tinggi 215,16 cm, ia dinobatkan sebagai wanita tertinggi di dunia yang masih hidup.

Perawakannya yang tinggi disebabkan oleh kondisi yang disebut sindrom weaver. Ini adalah suatu kondisi yang sangat langka, mempercepat pertumbuhan di antara kelainan lain termasuk pematangan tulang.

Kondisi tersebut membuat Rumeysa lebih sering menggunakan kursi roda, namun dapat bergerak dalam waktu singkat menggunakan alat bantu jalan.

Sejak rekor pertamanya pada tahun 2014, Rumeysa merasa penting untuk menggunakan platformnya untuk mendidik orang lain tentang kondisi medis langka seperti miliknya.

Pria dan Wanita Tertinggi di Dunia ada di Turki

Dia mengatakan bahwa tinggi badannya membuat orang tertarik ketika mereka melewatinya di jalan, tetapi kebanyakan orang bersikap baik dan mendukung ketika mereka pertama kali bertemu dengannya.

Di waktu luangnya, Rumeysa suka pergi keluar untuk makan enak bersama keluarganya. Ia juga merasa berenang sangat membantunya untuk bersantai. Keluarganya sangat senang dan bangga kepadanya karena memiliki gelar dari Guinness World Records.

Sangat menarik bahwa Rumeysa berasal dari Turki, seperti halnya Sultan Kösen (251 cm; 8 kaki 2,8 inci), pemegang rekor pria tertinggi. Sekarang pria dan wanita tertinggi yang masih hidup berasal dari negara yang sama—kejadian langka dalam sejarah Guinness World Records.

"Menjadi berbeda tidak seburuk yang Anda pikirkan. Itu bisa membawa Anda kesuksesan yang tak terduga," kata Rumeysa dikutip dari Daily Sabah.

Artikel ini telah tayang dengan judul Perkenalkan Rumeysa Gelgi! Wanita Tertinggi di Planet ini, Panjang 2,15 Meter.

Selain wanita tertinggi di dunia, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!