Penambangan Bitcoin di El Salvador Akan Gunakan Energi Baru dan Terbarukan
Penambang bitcoin memerlukan energi listrik yang sangat besar. (unsplash)

Bagikan:

ACEH -  Eksperimen El Salvador, pengadopsi pertama bitcoin sebagai mata uang kripto resmi, mendapat dukungan dari aliran energi baru dan terbarukan untuk penambangan bitcoin. Hal tersebut diungkapkan oleh kepala komisi pembangkit listrik tenaga air negara itu kepada wartawan pada Jumat, 15 Oktober.

Penambangan cryptocurrency selama ini dilakukan oleh komputer dengan intensif energi. Hal ini mendapat kecaman dari para pencinta lingkungan. Mereka berpendapat bahwa penambangan tersebu menjadi sumber pemborosan sebagian besar energi listrik yang berasal dari bahan bakar fosil.

Daniel Alvarez, Presiden Komisi Eksekutif Pembangkit Listrik Tenaga Air (CEL) Sungai Lempa yang dikelola oleh negara, mengatakan bahwa El Salvador memiliki potensi untuk menghasilkan listrik melalui proyek pembangkit listrik tenaga air, matahari, angin, dan pasang surut.

"Kemungkinannya tidak terbatas di sini, ini hanya tentang kemauan dan bahwa kami memiliki sarana dan kemampuan untuk memulai proyek ini," kata Alvarez, seperti dikutip oleh Reuters.

Sumber Energi Penambangan Bitcoin di El Salvador

Pemerintah Salvador pada bulan September mulai memanfaatkan energi panas bumi untuk penambangan bitcoin dari sebuah pabrik di dasar gunung berapi Tecapa, 106 kilometer (66 mil) timur ibukota, yang dimiliki oleh sebuah perusahaan yang merupakan bagian dari CEL.

Pembangkit ini menghasilkan sekitar 102 megawatt, dan pemerintah berencana menambah lima megawatt tahun depan. Saat ini, 1,5 megawatt dialokasikan untuk bitcoin.

Di samping pabrik, pejabat telah menyiapkan ruangan di dalam kontainer pengiriman untuk menampung 300 komputer yang memproses transaksi cryptocurrency.

Pembangkit Tecapa bersama dengan pembangkit panas bumi lainnya di barat laut El Salvador memasok antara 23% dan 24% dari jaringan listrik nasional, menurut pihak berwenang.

Artikel ini telah tayang dengan judul El Savador Bertekad Gunakan Energi Baru dan Terbarukan untuk Tambang Bitcoin.

Selain penambangan bitcoin, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!