Dipecat KPK, Novel Baswedan Jadi Youtuber Soal Korupsi
Novel Baswedan (ANTARA)

Bagikan:

Aceh - Mantan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Novel Baswedan, saat ini menjadi seorang youtuber. Ini dia lakukan setelah dipecat dari komisi antirasuah karena gagal menjadi aparatur sipil negara (ASN).

"Saya perkenalkan Channel resmi Novel Baswedan, smg bisa menjadi media untuk edukasi & informasi mengenai isu anti korupsi, penegakan hukum, keadilan & diskusi2 lain yg membangun semangat & konsistensi. Salam Integritas, anti korupsi," tulis Novel dikutip dari akun Twitternya, @nazaqistha pada Jumat, 15 Oktober.

Video pertama Novel berjudul ”Channel Resmi Novel Baswedan”. Video tersebut sudah ditonton oleh sekitar 7.000 orang dan disukai 2.200 orang.

Dalam video berdurasi 5 menit 51 detik itu Novel mengatakan bahwa perjuangan untuk memberantas korupsi masih harus terus berjalan.

"Dengan channel ini saya ingin berbagi tentang banyak hal terutama yang berhubungan dengan masalah antikorupsi, hal yang berhubungan dengan pengalaman saya, pengetahuan, dan tentunya hal-hal yang bisa saling sharing yang punya komitmen, pengetahuan, serta integritas," kata Novel dalam pembukaan video itu.

"Isu antikorupsi isu yang sangat penting. Karena ketika bicara kemajuan negara, hampir selalu ada masalah korupsi di sana. Begitu juga dengan masalah penegakkan hukum, bayangkan ketika penegakkan hukum banyak terjadi korupsi maka ada ketidakadilan, ada masalah pelanggaran HAM dan itu sering kali mengganggu kita," imbuhnya.

Alasan Novel Baswedan Menjadi Youtuber

Selain itu, akun YouTube-nya ini akan membicarakan korupsi yang terjadi di Indonesia hingga investigasi.

"Saya berharap ini bisa bermanfaat dan menginsipirasi dan menjadi jalan untuk mengedukasi," ungkap Novel.

Lebih lanjut, dia mengatakan keinginannya menjadi youtuber untuk membahas isu antikorupsi ini muncul setelah dirinya tidak lagi bekerja di KPK. Menurut Novel, dirinya kini lebih bebas dan tidak terikat aturan etik.

"Sehingga saya bisa berbicara dalam forum-forum yang lebih bebas dan semoga ini bisa membawa kemanfaatan," pungkasnya.

Artikel ini telah tayang dengan judul Tak Lagi Jadi Penyidik KPK, Novel Baswedan Kini Jadi YouTuber Bahas Isu Antikorupsi.

Selain berita Novel Baswedan, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!