Wow! 10 Tips Aktivitas Menyegarkan Badan Saat Lelah Bekerja
Ilustrasi cara menyegarkan otak saat energi habis (Unsplash)

Bagikan:

ACEH – Akhir pekan tiba, tetapi tugas masih menggunung? Ketika energi mulai habis, Anda pasti tak bisa fokus untuk menyelesaikan pekerjaan. Kesehatan mental juga bisa terganggu. Jangan khawatir, ada beberapa tips aktivitas menyegarkan badan agar Anda siap fokus bekerja lagi.

Menurut terapis dan penulis, Barton Goldsmith, setiap orang mengalami persoalan ini. Badan tak seenergik biasanya, rasanya hanya ingin rebahan dan bermalas-malasan. Saran Goldsmith dilansir Psychology Today, bergeraklah meski sedikit demi sedikit.

Bergerak lambat, tambah Goldsmith, lebih baik daripada berdiam dan tugas yang belum selesai hanya akan membebani pikiran. Psikoterapis berlisensi ini merekomendasikan untuk melakukan 10 aktivitas berikut agar bisa terus bergerak menyelesaikan tugas.

10 Tips Aktivitas Menyegarkan Badan untuk Kembali Bekerja

  1. Temukan sesuatu yang bikin tersenyum

Ini tips pertama. Tersenyum membuat hari Anda terlihat cerah. Ketika Anda membagikan senyum, orang lain tak akan tahu bahwa energi sedang dipayungi mendung. Artinya, senyuman tidak hanya mencerahkan mood tetapi juga memberikan efek besar pada sekitar Anda.

  1. Mandi cepat

Mengguyur tubuh dengan suhu air yang membuat nyaman bisa sedikit meningkatkan energi, tulis Goldsmith. Maka mandilah dalam waktu sebentar saja kemudian raih pekerjaan yang harus segera diselesaikan.

  1. Kenakan pakaian yang nyaman

Kadang, memakai pakaian santai membuat seseorang hilang motivasi untuk bekerja secara profesional. Saran Goldsmith, kenakan pakaian paling nyaman yang bisa meningkatkan mode profesional dan membantu pikiran tetap bekerja secara lebih tajam.

  1. Istirahat sebentar dan hirup aroma menyegarkan

Aroma-aroma tertentu memicu lahirnya inspirasi. Maka ketika pikiran buntu dan tubuh sudah lelah, cobalah istirahat sebentar dan hidup aroma menyegarkan. Anda bisa berjalan sebentar ke halaman menghirup aroma kesegaran. Bisa juga menyeduh kopi, teh hijau, maupun mengupas jeruk untuk mendapatkan efek penyegaran.

  1. Atur jeda

Jika Anda membutuhkan jeda setiap sesi, maka atur waktunya. Misalnya jeda setiap 30 menit atau jika dengan cara tersebut lebih melelahkan, pakai cara sebaliknya. Setiap jeda 30 menit, kerjakan satu tugas sedikit demi sedikit.

  1. Tunda selama tidak mendesak

Menunda pekerjaan atau menyelesaikan tugas kadang diperlukan, kata Goldsmith. Asalkan tidak mendesak tentu saja. Pastikan jika menunda sementara waktu bukan ide buruk kecuali pekerjaan tersebut bersinggungan dengan orang lain.

  1. Cari ruangan yang nyaman

Beruntunglah jika Anda bekerja dari rumah. Anda bisa memilih ruang paling nyaman untuk bekerja. Misalnya dengan memakai ruang keluarga atau ruang yang tidak terlalu terang. Bisa juga bekerja di halaman belakang.

  1. Minta bantuan teman

Jika tugas terlalu besar untuk diselesaikan sendiri apalagi sedang enggak berenergi penuh, Anda bisa minta bantuan teman. Orang yang Anda mintai bantuan akan lebih menghargai kejujuran Anda.

  1. Mengatur tubuh lebih aktif

Goldsmith mengatakan, terkadang seseorang perlu memasang wajah serius hingga jam kerja selesai. Kadang, akting seperti ini bisa mengusir energi negatif.

  1. Yakin esok merasa lebih baik

Perubahan waktu dan pergerakan matahari besar pengaruhnya pada semangat Anda. Goldsmith meyakini hal ini meski terdengar klise. Artinya, yakinlah bahwa setelah melewatkan waktu istirahat tidur malam hari dan saat matahari terbit Anda akan lebih berenergi.

Artikel ini telah tayang dengan judul Energi Habis Tetapi Tugas Menumpuk? Lakukan 10 Aktivitas Ini supaya Lebih Segar.

Selain tips aktivitas menyegarkan badan, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!