Diduga Terdampak Pencemaran Lingkungan, Ikan di Sungai Nagan Raya Mati
Foto via Antara

Bagikan:

ACEH - Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Nagan Raya, Aceh, melakukan penelusuran terkait penyebab matinya ikan-ikan air tawar di sungai. Ikan-ikan tersebut diduga mati terkait pencemaran lingkungan di perkebunan di Desa Alue Geutah, Kecamatan Darul Makmur.

“Kami sudah mengambil sampel air di lokasi kejadian, saat ini sampel air tersebut sudah kita serahkan ke Badan Riset dan Standarisasi Industri (Baristand) Aceh,” kata Plt. Kepala DLHK Nagan Raya, Jufrizal, dilansir Antara, Rabu, 6 Oktober.

Jufrizal mengatakan, saat ini pemerintah setempat masih menunggu hasil pemeriksaan sampel air yang telah diserahkan ke Baristand Aceh untuk memastikan apakah sampel tersebut mengandung limbah atau tidak.

Dugaan Kematian Ikan di Sungai Akibat Pencemaran Lingkungan

Setelah sampel air yang diperiksa tersebut tiba, kata dia, DLHK Nagan Raya akan menentukan langkah selanjutnya.

Berdasarkan hasil pengamatan di lokasi kejadian yang berada di sekitar kebun PT Socfindo Seumayam, kata Jufrizal, banyaknya ikan air tawar yang mati di sekitar aliran sungai di Desa Alue Geutah, Kecamatan Darul Makmur, Kabupaten Nagan Raya diduga akibat pembuangan limbah.

Namun, pemerintah daerah belum bisa memastikan apakah ikan tersebut mati karena adanya indikasi pencemaran lingkungan atau tidak, karena masih menunggu hasil laboratorium.

Sementara, sampel ikan yang mati di lokasi kejadian, kata Jufrizal, sudah diserahkan ke Dinas Kelautan dan Perikanan Nagan Raya guna dilakukan pemeriksaan apakah ikan yang sudah mati tersebut layak dikonsumsi atau tidak.

“Nanti setelah sudah ada hasil laboratorium, barulah pemerintah daerah mengambil sikap atas persoalan ini,” tutur Jufrizal.

Artikel ini telah tayang dengan judul Ikan Air Tawar Mati di Nagan Raya Aceh, DLHK Telusuri Penyebabnya.

Selain ikan mati yang diduga akibat pencemaran lingkungan di Nagan Raya, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!