Batu Bara Cemari Pantai Ulee Lheue di Banda Aceh
FOTO VIA ANTARA/HO

Bagikan:

ACEH – Belum lama ini diketahui bahwa Pantai Ulee Lheue yang ada di Banda Aceh, Provinsi Aceh, mulai tercemar akibat batu bara. Diduga, hal tersebut berasal dari tumpahan kapal tongkang yang terbawa arus hingga pantai.

"Batu bara itu diduga kiriman dari kapal tongkang yang parkir di laut Ulee Lheue, terbawa arus," terang Sekjen Gampong Development Institute (GDI) Aceh, Rahmi Fajri, di Banda Aceh, Kamis, 4 November, dikutip dari Antara.

Berdasarkan hasil pantauan, lanjut Rahmi, batu bara itu terbawa ke Pantai Ulee Lheue sudah sekitar satu minggu, tetapi tidak dilakukan pembersihan karena belum diketahui.

Pencemaran Pantai Ulee Lheue Dapat Merusak Biota Laut

Ia menjelaskan, batu bara yang bertebaran itu akan mengakibatkan kerusakan biota laut, bisa mematikan terumbu karang.

"Akibat asam yang keluar dari batu bara, maka itu sangat berdampak pada kerusakan biota laut," ujarnya.

Rahmi mendesak pemerintah untuk segera turun tangan menangani masalah batu bara tersebut, terlebih lagi Pantai Ulee Lheue masuk dalam wilayah konservasi.

Selain itu, Rahmi juga meminta pihak terkait untuk melakukan investigasi terkait adanya tumpahan batu bara tersebut, sehingga tidak berdampak lebih buruk bagi ekosistem dan pencemaran lingkungan.

"Jika terbukti maka harus diberikan sanksi bagi perusahaan yang mengangkut batu bara tersebut," kata Rahmi.

Sementara itu, Kepala DLHK3 Banda Aceh, Hamdani, yang dikonfirmasi mengaku belum mengetahui terkait adanya tumpahan batu bara tersebut.

"Batu bara, kita belum tahu itu," kata Hamdani.

Meski demikian, pihaknya akan juga akan mengecek kabar adanya tumpahan batu bara tersebut.

Artikel ini telah tayang dengan judul Pantai Ulee Lheue Banda Aceh Tercemar Tumpahan Batu Bara.

Selain pencemaran lingkungan di Pantai Ulee Lheue Banda Aceh, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!