Pendarahan Otak Tukul Bisa Jadi Penyebab Stroke, Mari Simak Penjelasan Dokter Soal Penyakit Ini
Tukul Arwana (Instagram /@tukul.arwanaofficial)

Bagikan:

ACEH – Pada Rabu, 22 September, Tukul Arwana dibawa ke rumah sakit. Berdasarkan informasi, komedian sekaligus pembawa acara kondang itu dibawa ke Rumah Sakit Pusat Otak Nasional, Cawang, Jakarta Timur karena pendarahan di otak yang berpotensi jadi penyebab stroke.

Kepada VOI, Jumat, 24 September, dr. Anita Larasati menjelaskan soal penyakit stroke. Ini merupakan penyakit yang bisa terjadi jika otak tidak memperoleh pasokan darah yang cukup karena terjadi penyumbatan atau pecah pembuluh darah. Hal ini membuat otak tidak memperoleh asupan oksigen dan nutrisi. 

Stroke dapat terjadi secara tiba-tiba. Pasien yang terkena gangguan kesehatan dapat mengalami penurunan fungsi otak secara drastis yang dapat mengakibatkan lumpuh hingga hilang kesadaran.

“(Stroke) terjadinya seperti pukulan tiba2 terjadi, pasiennya yang mengidap itu langsung mengalami penurunan fungsi otak secara drastis, seperti lumpuh, lidah pelo, hilang kesadaran, sakit kepala berat,” terang dr. Anita.

Pendarahan Otak Bisa Jadi Penyebab Stroke

Stroke yang dialami oleh Tukul Arwana merupakan jenis stroke pendarahan yang diawali dengan sakit kepala berat.

“Kalau Mas Tukul sakit kepala berat, katanya sampai bahkan menyebabkan kematian. Nah karena stroke itu sakit pembuluh darah dan bisa terjadi dua cara, sumbatan atau pendarahan, bisa kita bilang yang terjadi pada Mas Tukul itu stroke pendarahan,” lanjut dr. Anita.

Anita Larasati juga menyebutkan bahwa penyebab utama pecahnya pembuluh darah otak adalah lemahnya dinding. Ini bisa disebabkan karena kebiasaan seseorang makan makanan yang tidak sehat, seperti berlemak, kolesterol, atau karena penyakit aneurisma. Aneurisma terjadi karena adanya malformasi di pembuluh darah otak sehingga lebih lemah. 

Faktor lain yang memengaruhi pecahnya pembuluh darah adalah tekanan darah yang tinggi.

“Bisa juga karena tekanan darah yang tinggi selain lemah pembuluh darahnya, tekanan darahnya tinggi, jadi pecah terjadi pendarahan di otak gitu,” ungkap dr. Anita.

Stroke dapat menyebabkan berbagai macam komplikasi dan sebagian besar dapat berakibat fatal. Untuk itu, jika Anda mengalami gejala seperti mual, sakit kepala hebat, penurunan kesadaran, hingga gangguan keseimbangan, sebaiknya segera datangi rumah sakit untuk melakukan check up

Artikel ini telah tayang dengan judul Tukul Arwana Alami Pendarahan di Otak, Kenali Apa Itu Penyakit Stroke.

Selain penyebab stroke, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!