Tangani Penyakit Stroke, Indonesia Kerja Sama dengan Inggris
ILUSTRASI UNSPLASH

Bagikan:

ACEH - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI bekerja sama dengan pemerintah Inggris untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) kesehatan dalam negeri (tenaga kesehatan) di bidang penanganan penyakit stroke.

Sekretaris Direktorat Jenderal Tenaga Kesehatan, Sugianto, mengungkapkan, Health Education England telah menyusun rangkaian kegiatan serta timeline untuk implementasi kerja sama penanganan stroke.

Kerja Sama RI-Inggris untuk Tangani Penyakit Stroke

Peningkatan kapasitas SDM kesehatan melalui kerja sama RI-Inggris sejalan dengan agenda transformasi SDM kesehatan di 9 area intervensi untuk penyakit katastropik demi menurunkan beban JKN.

“Manajemen penyakit stroke harus dilakukan terintegrasi antara layanan primer sebagai upaya pencegahan, dan layanan rujukan dalam melakukan penanganan stroke yang lebih komprehensif,” jelas Sugianto dalam keterangan tertulis, dikutip VOI pada Senin, 27 Juni.

Kerja sama ini akan mengintegrasikan kebutuhan transformasi layanan primer dengan layanan rujukan. Manajemen penyakit stroke dilakukan terintegrasi antara layanan primer sebagai upaya pencegahan, seperti melakukan skrining stroke oleh dokter dan perawat di puskesmas, serta integrasi layanan rujukan seperti pengembangan modul berstandar internasional penanganan stroke untuk menjadi acuan seluruh RS rujukan nasional.

Peningkatan Kapasitas SDM Kesehatan

Sementara itu, Direktur Poltekkes Jakarta III Kementerian Kesehatan, Yupi Supartini, menjelaskan bahwa peningkatan kapasitas SDM kesehatan ini sejalan dengan strategi Poltekkes dalam mengadakan kelas internasional untuk studi keperawatan.

“Kami mengusulkan program untuk fokus pada pelatihan atau pertukaran dosen dan kunjungan profesor, mengembangkan pelatihan modul asuhan keperawatan stroke dan fisioterapis, serta mengembangkan kajian pengobatan stroke dengan kurikulum berstandar internasional,” ujar Yupi.

Artikel ini telah tayang dengan judul Kemenkes Jalin Kerja Sama Penanganan Stroke dengan Inggris.

Selain kerja sama penanganan penyakit stroke, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.

Terkait